Hanya 150 km dari Aceh, India Berencana Bangun Skadron Jet Tempur di Kepulauan Andaman dan Nikobar

IAF

ANGKASAREVIEW.COM – Kementerian Pertahanan India berencana membangun skadron jet tempur di Kepulauan Andaman dan Nikobar (ANI). Kepuauan tersebut akan dijadikan sebagai pangkalan pertahanan bagi tiga matra secara terpadu: udara, darat, dan laut.

Sumber di Kemenhan India mengatakan kepada The Indian Express, pangkalan udara yang saat ini ada di Car Nicobar maupun Campbell Bay di kepulauan tersebut, sangat dimungkinkan untuk dikembangkan menjadi basis pesawat tempur modern Angkatan Udara India (IAF).

Di kedua tempat tersebut, IAF saat ini baru menempatkan satu unit helikopter Mil Mi-17V5 dan dua pesawat sayap tetap Dornier Do-228-201.

Pangkalan Udara IAF di Car Nicobar dengan panjang landasan 2.717 m x 43 m dinilai memungkinkan untuk lebih dulu dikembangkan. Di sini hanya dibutuhkan sejumlah peningkatan/penambahan minor untuk mengakomodir pengoperasian jet tempur modern.

Sementa stasiun udara milik Angkatan Laut India, INS Baaz, yang ada di Campbell Bay landasannya perlu diperpanjang terlebih dahulu karena hanya 1.100 meter. Setelah itu baru kemudian bisa dikembangkan.

IAF saat ini memiliki 31 skadron jet tempur dan dalam perencanaannya masih akan mengembangkannya menjadi 42.

Penempatan skadron jet tempur di ANI, dinilai akan memperkuat pertahanan India menghadapi berbagai kemungkinan ancaman krusial yang datang melalui wilayah di sekitarnya seperti Selat Malaka, Laut Andaman, maupun Lautan India.

Untuk diketahui, wilayah Kepulauan Andaman dan Nikobar terletak 150 km sebelah utara Aceh, Indonesia serta berada di antara Thailand dan Myanmar dengan dipisahkan oleh Laut Andaman (jarak Campbell Bay dengan Sabang adalah 200 km). Kepulauan tersebut terdiri dari dua grup kepulauan besar, yakni Andaman dan Nikobar.

Google
Andamanmangroves

India sendiri telah membentuk Komando Andaman dan Nikobar (ANC) tahun 2001 sebagai tindak lanjut dari rekomendasi lintas kementerian yang terkait dengan masalah keamanan wilayah. Akan tetapi, hal itu tidak berjalan mulus karena belum tercapainya titik temu kepentingan antara militer, lingkungan hidup, dan anggaran.

Bila hal ini terwujud, Kementerian Pertahanan India nantinya akan memerintahkan pengangkatan Panglima Komando Andaman dan Nikobar (CINCAN) yang akan mengendalikan kekuatan tiga matra di wilayah tersebut.

Kepulauan Andaman dan Nikobar membentang 467 km dari tepi utara ke tepi selatan. Gugus kepulauan ini terdiri dari 572 pulau besar dan kecil.

RONI SONTANI

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!