Fri. May 17th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

2028, Mobil Terbang Berbasis Aplikasi Garapan Audi & Airbus Tersedia

2 min read
Pop Up NextAudi

ANGKASAREVIEW.COM – Pengembangan wahana terbang hasil kawin silang mobil dan drone helikopter, Pop.Up Next, alami kemajuan yang cukup signifikan. Mobil terbang garapan pabrik mobil Audi, Jerman dan pabrik pesawat Airbus ini telah sukses mengudara perdana pada penyelenggaraan Drone Week Expo di Belanda, 27-30 November 2018 silam.

Sobat AR, diberitakan laman resmi audi-mediacenter.com, wahana Pop.Up Next yang diuji memang bukanlah skala penuh, melainkan hanya berukuran skala 1:4.

Namun demikian, keberhasilan tes tersebut sangat berarti, karena data-data hasil uji dapat digunakan sebagai rujukan untuk proses pengembangan menuju purwarupa skala penuh.

Aksi penerbangan model skala Pop.Up Next di hadapan publik tersebut berjalan sesuai target. Modul udara berupa drone multi-copter yang menggotong kapsul penumpang berhasil mendarat dengan sempurna di atas modul darat beroda.

Selanjutnya, modul udara terbang kembali. Sementara modul darat bersama kapsul penumpang melaju layaknya mobil di jalanan.

Pop Up NextAudi

Kendaraan masa depan hasil kemitraan Audi dan Airbus ini muncul pertama pada pameran otomotif Geneva Motor Showke-88 di Jenewa, Swis pada Maret 2018. Meski sebenarnya konsep serupa telah muncul di pameran yang sama tahun 2017, merk Audi belum bergabung saat itu.

Wahana Pop.Up Next terdiri dari tiga bagian utama. Pertama, kapsul yang bisa menampung dua penumpang dewasa. Kedua, modul darat beroda empat yang dilengkapi dua motor listrik. Dan ketiga, modul udara  berupa drone multi-copter yang dilengkapi delapan motor listrik.

Pop.Up Next dirancang sebagai sarana transpotasi dengan sistem layanan berbagi (ride sharing) yang bisa diakses melalui sebuah sistem aplikasi.

Selain bisa digunakan layaknya mobil penumpang pada umumnya, Pop.UP Next bisa berubah menjadi helikopter.

Pop Up NextAudi

Keunggulan lain yang ditawarkan Pop.Up Next adalah sebagai taksi terbang yang dapat menjemput kapsul modul darat yang sedang terjebak dalam kemacetan lalu lintas di kota-kota besar dunia.

Kehebatan lainnya, karena semuanya serba otomatis. Pop.Up Next tak butuh pengemudi. Penumpang tinggal duduk manis dan akan diantar secara otomatis sampai ke tempat tujuannya.

Sobat AR, usai keberhasilan uji terbang model skala 1:4 Pop.Up Next, pihak Audi dan Airbus memang belum dapat memastikan kapan purwarupa skala penuh ini dapat diwujudkan.

Namun demikian, tim pengembang berjanji mobil terbang masa depan ini diharapkan telah tersedia kurang lebih satu dasawarsa ke depan, yakni sekira tahun 2028.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *