Genjot Terus Kekuatan, AB Ukraina Terima Jet Tempur Upgraded MiG-29 dan Su-27

Su-27Ukroboronprom

ANGKASAREVIEW.COM – Menghadapi kekuatan besar dari sang rival Rusia, tidak ada jalan lain bagi Ukraina untuk terus menggenjot dan menambah kekuatan armada tempurnya, termasuk armada udara. Belum lama ini sejumlah alutsista pun diserahkan oleh UkrOboronProm kepada Angkatan Bersenjata Ukraina.

Mengutip informasi yang ditayangkan Defence Blog, UkrOboronProm pada 1 Desember lalu menyerahkan pesawat MiG-29 dan Su-27 hasil modernisasi kepada Militer Ukraina. Selain kedua pesawat yang telah disebut, turut diserahkan pesawat dan helikopter angkut, jet latih L-39, dan drone Spectator.

Serah terima alutsista dihadiri langsung oleh Presiden Ukraina Petro Poroshenko dalam cuaca dingin bersalju.

Poroshenko menyatakan, penyerahan sejumlah alutsista ini sangat berarti dan berkontribusi besar dalam upaya peningkatan pertahanan nasional serta keamanan bagi warga negaranya.

MiG-29Ukroboronprom

“Hari ini para pilot Angkatan Bersenjata Ukraina menerima sejumlah alat perang baru dan sejumlah perlengkapan penerbangan hasil perbaikan. Di antaranya adalah pesawat tempur, pesawat latih, helikopter, dan drone,” jelas Poroshenko.

Ia juga menerangkan bahwa pada awal November lalu unit-unit pertahanan udara dan pasukan darat Ukraina telah melaksanakan penembakan menggunakan sistem rudal antipesawat. Semua persenjataan hasil pemulihan yang dilakukan di bawah payung UkrOboronProm.

MiG-29

“Penembakan itu sekaligus membuktikan kemampuan dar para tentara kita,” tandas Presiden Ukraina.

Pada upacara penyerahan alutsista, Poroshenko selain berbicara dengan para tentara Ukraina juga memeriksa langsung pesawat produksi Antonov State Enterprise dalam hal ini pesawat angkut An-132-D dan An-77.

MiG-29Ukroboronprom

Poroshenko kepada media menerangkan, An-77 dilengkapi avionika dari industri maju serta cocok dengan standar NATO.

Presiden Ukraina memuji An-77 sebagai pesawat yang akan menjadi basis pesawat angkut penerbangan militer Ukraina dan mendukung secara luas kapabilitas pasukan lintas udara.

“Pesawat ini bahkan dapat digunakan pada landasan biasa sepanjang 600 meter,” ujarnya.

An-77Ukroboronprom

Roni Sontani

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!