Asian Games: Paskhas Siap Dikerahkan untuk Amankan Jalannya Pertandingan Paralayang

paralayangFery Setiawan

ANGKASAREVIEW.COM – Perhelatan Asian Games sudah semakin dekat dan tinggal menghitung hari. Masalah keamanan dan pelayanan tentu menjadi konsentrasi utama pihak penyelenggara. Ketua Pelaksana pertandingan Paralayang untuk Aisan Games 2018, Marsekal TNI Yuyu Sutisna pun menyatakan TNI Angkatan Udara (AU) siap mengerahkan prajurit Korpaskhas untuk bantu pengamanan selama pertandingan.

“Untuk keamanan, sesuai dengan INASGOC bahwa dilaksanakan oleh rekan-rekan dari Kepolisian. Namun demikian, saya juga akan mengkaji di lapangan, kalau seandainya perlu bantuan, saya dari Angkatan Udara akan membantu. Yang penting kegiatan ini harus terlaksana dengan aman dan lancar,” tutur Yuyu usai meninjau kesiapan venue paralayang di Kawasan Gunung Mas, Puncak, Bogor, Kamis (9/8/2018).

Sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) sekaligus Ketua Umum PB FASI, ia menegaskan jajarannya untuk jangan menganggap remeh hal sekecil apapun terkait masalah keamanan.

“Saya tadi sudah sampaikan secara detil dari mulai penyelenggaraan sampai dengan masalah pengamanan kepada pelaksana dilapangan, khususnya yang dari Angkatan Udara, dalam hal ini Aspotdirga KSAU dan Kadispotdirga TNI AU,” kata Yuyu.

Baca Juga:

Kunjungan KSAU kepada Para Atlet Timnas Paralayang Bawa Energi Positif

Presiden Harap Indonesia Masuk 10 Besar di Asian Games, KSAU Ingin Paralayang Berkontribusi

Ia menginginkan masalah pengamanan dilakukan secara menyeluruh bukan hanya parsial. Mulai dari penginapan, perjalanan ke lokasi perandingan hingga kembali ke penginapan harus dijamin kemanannya.

“Pengamanan pengamanan atlet, maupun pelatih, official dan sebagainya, baik di penginapan, perjalanan sampai tempat pertandingan ini harus kita jamin,” ujarnya.

Walaupun masalah pengamanan menjadi tugas keseluruhan INASGOC, akan tetapi ia yang ditunjuk sebagai pihak penyelenggara pertandingan paralayang menyatakan harus ikut bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

“Saya percayakan kepada mereka, rekan-rekan polisi. Tapi saya minta tolong berkoordinasi, kalau seandainya rekan-rekan polisi mungkin kekurangan orang dan sebagainya, saya siap membantu. Saya akan turunkan Paskhas ke sini,” sebutnya.

Baginya, masalah pengamanan bukan hal sepele. Ia menegaskan, sekecil apapun gangguan keamanan, di manapun, di event Asian Games, akan mencoreng nama baik Indonesia.

“Itu yang harus kita pikirkan. Jangan sampai orang-orang yang beniat kurang baik diberikan kesempatan dengan kelengahan kita. Kita meminta kepada Kadispotdirga untuk betul-betul fokus terhadap masalah ini, jangan menyepelekan,” tekannya.

Selain perihal pengamanan, TNI AU juga akan memberikan dukungan kendaraan mereka untuk membantu mobilitas atlet dan official agar pertandingan dapat berjalan lancar.

“Untuk transportasi (atlet dan official) sudah diatur oleh INASGOC dan saya dari Angkatan Udara juga akan menyiagakan kendaraan-kendaraan untuk mem-backup jika seandainya kurang atau terlambat dan sebagainya,” tandasnya.

(ERY)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *