Departemen Pemadam Api San Diego Terima S-70 Black Hawk, Bakal ‘Disulap’ Jadi Firehawk

Rotorhub

ANGKASAREVIEW.COM – Departemen Pemadaman Api dan Penyelamatan Kota San Diego, California, Amerika Serikat,  SDFD (San Diego Fire-Rescue Department), telah menerima satu unit helikopter multiguna S-70 Black Hawk dari Lockheed Martin pada 16 Juli lalu. Heli ini selanjutnya akan ‘disulap’ (dimodifikasi) oleh pihak ketiga menjadi heli pemadam api, S-70A Firehawk.

Rencana modifikasi akan dilaksanakan tahun depan. Meliputi penambahan belly tank (tanki di bawah perut heli) dengan kapasitas 1.000 galon, pemasangan retractable snorkel, perpanjangan landing gear, dan pemasangan rescue hoist.

Dikutip dari Shepard Media, heli ini akan berfungsi multi untuk pemadaman api dan penyelamatan korban serta pertolongan medis awal bagi warga setempat dan juga wilayah tetangga.

Sobat AR, sebelum heli baru S-70 ini menjalani modifikasi, SDFD akan menggunakannya terlebih dahulu untuk fungsi pemadaman api di tahun ini menggunakan tanki air internal berkapasitas 850 galon.

Secara umum, S-70 mampu mengangkut muatan (air) seberat empat ton dan dirancang aman beroperasi pada temperatur panas dalam misi penerbangannya.

Guna meringankan kerja pilot, S-70 dilengkapi perangkat digital di kokpit yang memungkinkan pilot melakukan beragam pemrograman seperti kecepatan, terbang diam (hover) secara presisi, arah terbang, dan ketinggian terbang.

Heli juga dilengkapi peta gerak digital (digital moving map) yang akan memberikan data posisi pasti di mana heli berada.

Sobat setia AR, S-70A Firehawk merupakan heli generasi ketiga keluarga Black Hawk yang dibangun dari basis UH-60. Heli Firehawk pertama kali digunakan oleh Oregon National Guard dan kemudian diikuti oleh Los Angeles County Fire Department.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *