Ganti MiG-29, Slovakia Akhirnya Pilih F-16 Block 70/72 V

Lockheed Martin

ANGKASAREVIEW.COM – Keperkasaan F-16 tampaknya masih mengungguli berbagai jet tempur lain. Hal ini terjadi di Slovakia di mana pemerintah negara Eropa Tengah yang beribu kota di Bratislava itu akhirnya memilih F-16 Block 70/72 V buatan Lockheed Martin guna menggantikan peran MiG-29 yang sudah uzur.

Dikutip dari DefenseNews, Bratislava membeli 14 F-16 Block 70/72 V atau yang biasa disebut F-16 Viper (F-16V) dengan taksiran nilai kurang lebih 1,3 miiar dolar AS. Dengan keputusan tersebut, berarti F-16V otomatis menyingkirkan Saab Gripen dari Swedia sebagai saingan terkuatnya.

Menteri Pertahanan Slovakia Peter Gajdoš menyatakan, F-16V dipilih karena jet tempur ini memiliki teknologi ‘state-of-the-art’. Selain itu, setelah dihitung-hitung ternyata F-16 memiliki biaya paling rendah untuk digunakan hingga tahun 2040.

Sementara itu, juru bicara Lockheed Martin John Losinger mengatakan, dengan dibelinya F-16V oleh Slovakia maka kemampuan angkatan udara negeri itu akan makin meningkat. Demikian juga dengan hubungan kemitraan antara Slovakia dengan NATO dan Amerika Serikat akan meningkat pula.

April lalu, izin penjualan 16 F-16V telah dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS untuk Slovakia. Dari situ, peluang untuk mendapatkan elang besi ini terbuka bagi Bratislava. Meniliki laman Defense Security Cooperation Agency (DSCA), harga yang ditawarkan adalah 2,91 miiar dolar AS untuk 14 pesawat berikut kelengkapan lainnya.

Pilihan Slovakia terhadap F-16 berbeda dengan negara-negara tetangga terdekatnya seperti Hungaria dan Ceko yang mengoperasikan Gripen. Kecuali Polandia, yang juga menggunakan F-16. Ketiga negara ini merupakan anggota NATO.

Pembelian F-16V oleh Slovakia merupakan pesanan kedua setelah Lockheed Martin mengambil keputusan untuk memindahkan lini produksi jet F-16 dari Forth Worth, Texas ke Greenville, South Carolina.

Sebelum ini Lockheed Martin telah mendapatkan pesanan F-16V dari Bahrain. Dua pesanan dari Bahrain dan Slovakia otomatis memperpanjang Lockheed Martin untuk memproduksi klan F-16 yang telah terjual lebih 4.500 unit dan digunakan oleh 26 negara.

Lockheed Martin masih berharap, F-16V akan dibeli oleh India sebagai salah satu negara potensi besar yang tengah mencari lebih seratus jet tempur baru.

RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *