Rantis Patriot 4×4 dari Ceko, Pesaing L-ATV Amerika dan Typhoon Rusia

Excalibur Army

ANGKASAREVIEW.COM – Excalibur Army sebuah industri pertahanan swasta asal Ceko awal Mei 2018 memamerkan purwarupa kendaraan taktis (rantis) barunya yang disebut MATMMV (Medium Armored Tactical Multi-Mission Vehicle) Patriot 4×4.

Rantis ini dikembangkan berdasar sasis truk militer T815 buatan Tatra. Memiliki fitur ketinggian ground clearance yang dapat disesuaikan serta menggunakan suspensi independent swinging air yang menjadikannya sanggup melahap berbagai permukaan medan dengan nyaman.

Patriot dilengkapi dengan ban run-flat ukuran 14 x R20 dengan sistem inflasi ban sentral yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan tekanan ban saat berjalan. Rantis ini juga sanggup melahap halangan vertikal 50 cm dan trench crossing 90 cm. Parit berair sedalam satu meter dapat dilalui tanpa persiapan.

Patriot digerakkan oleh mesin diesel Cummins ISB 6-silinder yang mengembangkan daya 210 kW, digabungkan ke transmisi otomatis Allison 3200SP dengan enam gigi maju dan satu gigi mundur yang dipasangkan ke transfer case buatan Tatra. Kecepatan maksimumnya 130 km/jam dan jangkauan hingga 500 km.

Bagian tubuhnya dilengkapi zirah lapis baja dengan bautan mur yang disebut Kitted Hull Concept. Diklaim mampu memberikan perlindungan balistik hingga STANAG 4569 Level 3 dan bagian bawah mampu menahan ledakan ranjau atau bahan peledak improvisasi (IED) dengan STANAG 4569 Level 2a/2b standar NATO.

Excaibur Army

Kendaraan taktis berbobot tempur 12 ton ini dilengkapi dengan kubah RCWS (Remote Control Weapon System) dengan pilihan senjata berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm, kaliber 12,7 mm, atau pelontar granat otomomatis AGL 40 mm.

Saat ini MATMMV Patriot masih dalam taraf uji coba dan akan ditawarkan pertama untuk militer Ceko. Di kelasnya ranpur taktis berawak enam orang ini akan bersaing dengan Oshkosh L-ATV dari Amerika Serikat dan Kamaz Typhoon 4×4 dari Rusia.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!