Ini Cara Ampuh Agar Tidak Terjangkit Flu di Penerbangan

Boeing

ANGKASAREVIEW.COM – Pernah mengalami masuk angin atau flu setelah naik pesawat? Usahakan untuk mendapat tempat duduk dekat jendela dan jangan meninggalkannya sampai penerbangan selesai.

Itulah yang dikatakan oleh beberapa pakar selama bertahun-tahun. Mungkin itu adalah saran terbaik untuk mengurangi risiko terpapar kuman di pesawat terbang.

Ternyata ada sedikit penelitian tentang risiko terkena flu selama perjalanan udara. Beberapa ahli percaya bahwa duduk di kursi dekat jendela akan menjauhkan penumpang dari orang-orang yang sedang menderita flu atau kuman yang berada di lorong pesawat.

Baca juga:
Lion Air Group Borong 50 Unit Pesawat Boeing 737 MAX 10
Pilot Ini Buang 30 Ton Avtur dan Mendarat Darurat demi Selamatkan Penumpang

“Duduk di kursi dekat jendela dan jangan bergerak,” ujar peneliti utama Vicki Stover Hertzberg dari Emory University di Atlanta dalam sebuah studi terbarunya yang dirilis Senin (16/4/2018).

Dalam penelitian itu, tim peneliti menjelajahi Amerika Serikat untuk menguji permukaan kabin dan udara untuk menganalisa virus dan untuk mengamati bagaimana orang-orang bersentuhan satu sama lain.

Studi yang didanai oleh Boeing ini melakukan beberapa pemodelan matematika dan simulasi komputer untuk menentukan seberapa besar kemungkinan orang-orang akan mendekati penumpang yang terinfeksi flu pada kursi lorong di baris ke-14 dari sebuah pesawat lorong tunggal.

Mereka menyimpulkan bahwa rata-rata, hanya satu orang yang akan tertular dalam penerbangan dengan 150 penumpang.

Selain soal flu penelitian tersebut juga menemukan fakta-fakta unik lainnya.

Sebanyak 38% penumpang tidak pernah meninggalkan tempat duduk mereka, 38 persen hanya satu kali meninggalkan tempat duduk, 13 persen dua kali, dan 11 persen sisanya bisa meninggalkan kursi lebih dari dua kali.

Kebanyakan dari mereka yang meninggalkan kursi selama penerbangan adalah penumpang yang duduk di kursi pinggir lorong. Tercatat hanya ada 43 persen penumpang di kursi dekat jendela yang bangun dari kursinya. Riset itu mengatakan bahwa biasanya orang-orang yang memilih kursi di dekat jendela adalah mereka yang benar-benar menikmati penerbangan. (IAN)

 

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!