Parade Alutsista HUT TNI AU ke-72

Rangga Baswara

ANGKASAREVIEW.COM – Rangkaian persiapan dan kegiatan geladi bersih dalam rangka peringatan HUT TNI AU ke-72 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta berjalan dengan lancar pada hari Sabtu (7/4/2018). Sejumlah parade alutsista TNI AU diperlihatkan.

Rangga Baswara

Seperti pada ulang tahun sebelumnya, setelah kegiatan upacara usai, acara dimeriahkan oleh atraksi kemampuan prajurit TNI AU dan parade berbagai alutsista yang dimiliki oleh “Sayap Tanah Air” ini. Berikut beberapa alutsista yang ditampilkan dalam HUT TNI AU ke-72.

Rangga Baswara

Jet latih dan tempur taktis ringan T-50i hadir seperti tampak dalam foto. Alutsista milik Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi ini dibuat oleh Korea Aerospace Industries (KAI) Korea Selatan. Indonesia membeli sebanyak 16 pesawat ini.

Deretan pesawat angkut CN295 atau di Airbus Defence and Space diberi kode C295, hadir secara statik menjadi salah satu peserta HUT TNI AU ke-72 di Lanud Halim Perdanakusuma. Pesawat ini bernaung di bawah Skadron Udara 2 “Angkut Sedang”.

Rangga Baswara

Tak ketinggalan F-16C-52ID, jet tempur. Indonesia telah resmi menerima seluruh 24 pesawat ini yang dibeli dari Amerika Serikat. F-16C/D-52ID dioperasikan oleh Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Rangga Baswara

Pesawat angkut B737 VIP dari Skadron Udara 17 ikut hadir memeriahkan HUT TNI AU ke-72. Pesawat ini mengemban peran utama mendukung pergerakan pimpinan TNI AU dan Mabes TNI. Pesawat ini kadang juga digunakan untuk mendukung para pejabat tinggi negara lainya saat dibutuhkan.

Rangga Baswara

Kendaraan taktis serbu milik Satbravo 90 Korpaskhas. Merupakan produksi dalam negeri dan digunakan pula sebagai kendaraan untuk inspektur upacara.

Rangga Baswara

Truk pengangkut senjata pertahanan udara kanon Oerlikon Skyshield 35mm. Alutsista ini dioperasikan oleh satuan-satuan Detasemen Pertahanan Udara di jajaran Korpkaskhas TNI AU.

Rangga Baswara

Rantis P2 Commando buatan dalam negeri telah melengkapi jajaran Korpaskhas setelah sebelumnya kendaraan pengangkut bersenjata ini digunakan oleh satuan di jajaran Kostrad. Rantis 4 x4 ini ikut memeriahkan defile alutsista TNI AU di HUT ke-72 ini.

Rangga Baswara

Selamat Ulang Tahun ke-72. Dirgahayu TNI Angkatan Udara. Jayalah selalu di udara. Swa Bhuana Paksa! (REDAKSI ANGKASA REVIEW)

One Reply to “Parade Alutsista HUT TNI AU ke-72”

  1. Koreksi :
    -T-50I telah berkurang satu (fatal crash)
    -F-16CID telah berkurang satu (fatal crash)
    dan
    -Super Tucano juga kurang satu (fatal crash)
    Smoga SU-35 hadir dilangit indonesia secapatnya SWABUANAPAKCA !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *