Wed. May 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Layar Lebar Kokpit Gripen NG Bisa Jadi Pilihan Pelanggan Baru

2 min read
Defesa

ANGKASAREVIEW.COM – Layar lebar pada kokpit Gripen NG (Next Generation) ditawarkan Saab sebagai pilihan bagi calon pelanggan baru jet tempur pintar (smart fighter).

Sebagaimana diketahui, berbeda dengan generasi sebelumnya, Gripen NG (Gripen E/F) untuk Angkatan Udara Brazil menggunakan wide area display (WAD) dan head-up display (HUD) yang canggih buatan AEL Sistemas (AEL), Brazil –anak perusahaan Elbit Systems, Israel.

Saab tahun 2015 telah memilih AEL sebagai mitra penyuplai perangkat penting di kokpit peswat tempur modern itu untuk Gripen NG.

WAD dengan layar warna berukuran 19 inci x 8 inci mampu menampilkan situasi riil medan pertempuran bagi pilot. Demikian juga dengan semua data dan informasi penerbangan yang dibutuhkan pilot. Melalui perangkat layar sentuh ini juga pilot bisa mengatur segala kebutuhan dengan pesawatnya.

Defesa

WAD dan HUD diintegrasikan oleh Saab dan Embraer pada Gripen E. Saab juga menjalin kerja sama dengan AEL dalam hal transfer teknologi.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh Gripen NG, Swedia juga akan menggunakan WAD dan HUD buatan AEL pada penempur Gripen E untuk angkatan udaranya.

Dikutip dari Flightglobal, Kepala Unit Bisnis Gripen Brazil Mikael Franzén mengatakan, Saab akan menawarkan perangkat ini kepada para calon pengguna Gripen E/F berikutnya atau kepada pengguna Gripen C/D yang ingin meng-upgrade pesawatnya.

Twitter

Tahun 2014 Brazil membeli 36 Gripen NG (28 Gripen E dan 8 Gripen F) senilai 5,4 miliar dolar AS dari Saab sekaligus menjadikannya pengguna pertama varian ini.

Pada 16 Februari lalu, CEO Saab Håkan Buskhe mengatakan kepada para jurnalis, Gripen NG untuk AU Brazil akan mulai dikirimkan tahun depan. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *