Pandu Jet Tempur Rusia, Beriev A-100 AWACS Mampu Deteksi 300 Target

Sputnik

ANGKASAREVIEW.COM – Beriev A-100 merupakan pesawat terbaru Rusia bekemampuan AWACS (airborne early warning and control aircraft system) paling canggih. Pesawat ini disebut-sebut mampu mendeteksi hingga 300 target dalam sistem radarnya.

Radar terbang ini baru saja melaksanakan debut penerbangannya, Sabtu (18/11/2017), sebagaimana diumumkan oleh layanan pers Vega Radio Engineering Corporation, perusahaan strategis asal Rusia yang membuat peralatan untuk Beriev A-100.

A-100 pertama kali melaksanakan uji terbang untuk memeriksa karakteristik aerodinamisnya, performa avionik, dan bagian peralatan mesin radio kompleks.

Radar terbang Beriev A-100 dibangun menggunakan rancang dasar pesawat transpor Ilyushin Il-76MD-90A (Il-476). Diperkirakan pesawat A-100 ini akan menggantikan pendahulunya, A-50, yang selama ini menjadi tulang punggung radar terbang yang dioperasikan Angkatan Udara Rusia.

Pesawat berkemampuan AWACS terbaru Rusia ini mampu mendeteksi dan melacak  target, sekaligus berpartisipasi dalam memandu jet tempur dan pesawat pengebom untuk menghancurkan target yang ada di udara, darat, maupun lautan.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, A-100 memiliki superioritas atas kemampuan pengintaian dan kontrol yang memungkinkan pesawat ini mendeteksi target jenis baru dan sekaligus memperbaiki manajeman pertempuran.

Pengiriman pesawat AWACS paling canggih besutan Rusia ke AU mereka diperkirakan akan dilaksanakan mulai tahun 2020. FERY SETIAWAN

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!