VBMR Griffon 6X6 Pertama untuk Militer Perancis

Griffon 6x6Armée de Terre

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Darat Perancis (Armée de Terre) mulai mendapatkan VBMR (kendaraan tempur beroda multiguna) Griffon 6X6 pada 4 Juli lalu. Serah terima dua unit pertama dihadiri langsung oleh Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly di pabrik Nexter, Satory, Perancis.

Griffon 6X6 adalah bagian dari program Scorpion EBMR (Engin Blindé Multi-Rôle – Armoured Multi-roles Vehicles). Ranpur ini dikembangkan bersama oleh konsorsium perusahaan asal Prancis yakni Nexter Systems, Renault Trucks Defense (kini Arquus), dan Thales.

Peran utama Griffon 6X6 adalah sebagai ranpur lapis baja dengan tingkat perlindungan dan mobilitas yang sangat tinggi.

Griffon 6X6 mampu menjalankan beragam misi. Ranpur ini hadir dalam enam versi, yaitu angkut pasukan (APC), pos komando, ambulans, observasi artileri, kendaraan teknik (EV), dan pemulihan (Recovery).

Pada pameran pertahanan Eurosatory 2016, mock-up dari Griffon 6X6 diperlihatkan pertama kalinya. Sementara purwarupa Griffon 6X6 dilibatkan dalam parade hari Nasional Perancis (Bastille Day) pada 14 Juli 2017.

Armee de Terre Armée de Terre

Griffon 6X6 memiliki panjang 7 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 3 m dengan bobot mencapai 24,5 ton. Kecepatan maksimumnya 110 km/jam dan jangkuan operasi sejauh 800 km.

Varian dasar versi APC diawaki tiga orang yakni pengemudi, komandan ,dan operator senjata. Kabin belakangnya dapat menampung delapan pasukan bersenjata.

Tingkat proteksi balistik Griffon 6X6 berada pada STANAG 4569 Level 4. Artinya kulit ranpur kebal terhadap pelor senapan serbu dan serpihan munisi artileri.

Griffon 6X6 juga sanggup bertahan dari ledakan ranjau darat dan bahan peledak improvisasi (IED).

Persenjataan bela diri yang diusung ranpur ini berupa senjata kendali jarak jauh (RCWS) dengan pilihan senjata senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm.

Armée de Terre

Kehadiran Griffon 6X6 sendiri guna menggantikan secara bertahap seluruh panser VAB 6X6 (Vehicule de I’Avant Blinde) yang telah beroperasi untuk Militer Perancis sejak 1974.

Dilansir dari situs Army Recognition, Badan Pengadaan Persenjataan Perancis (DGA) telah memesan 319 unit Griffon 6X6 pada April 2017. Sebanyak 92 di antaranya akan dikirimkan pada 2019 ini. Sementara jumlah total pemesanan jangka panjang mencapai 1.872 unit.

Penulis: Rangga Baswara Sawiyya

Editor: Ron Raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *