Wed. Jul 10th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Leonardo dan Diamond Aircraft Tampilkan Pesawat Pengawas Laut DA62 MSA di PAS 2019

2 min read
DA62 MSADiamond Aircraft

Diamond Aircraft

AngkasaReview.com – Leonardo dan Diamond Aircraft akan menampilkan produk terbaru yaitu DA62 MSA (Maritime Surveillance Aircraft) alias pesawat untuk pengawasan laut dalam penyelenggaraan Paris Air Show (PAS) 2019 di Bandara Paris-Le Bourget pada 17-23 Juni.

Ini adalah pertama kali pesawat mesin ganda yang dilengkapi dengan perangkat ISR (Intelligence, Surveillance and Reconnaissance) ini ditampilkan di ajang bergengsi PAS.

Sebelumnya, pesawat-pesawat buatan Dimond Aircraft hadir di PAS namun dalam varian yang lain.

DA62 MSA berkemampuan melaksanakan patroli baik di atas lautan maupun di atas daratan. Pesawat dilengkapi radar Gabbiano Ultra-Light TS dan sistem elektro-optik/infra merah (EO/IR) yang telah diintegrasikan dengan sistem misi ATOS (Airborne Tactical Observation and Surveillance). Ketiganya buatan Leonardo Electronics (Leonardo).

Diamond Aircraft, perusahaan dirgantara asal Austria, dalam siaran persnya menyatakan, perangkat yang ada di pesawat ini memenuhi spek kebutuhan para pengguna di berbagai belahan dunia. Pesawat misi khusus pun mendapat perhatian yang cukup besar.

Diamond Aircraft
Diamond Aircraft

Terbukti, hingga saat ini lebih 110 pesawat misi khusus telah telah berhasil dijual oleh Diamond Aircraft.

Sementara itu lebih 60 sistem ATOS telah berhasil diinstalasi oleh Leonardo pada 10 platform berbeda. Termasuk di antaranya pada pesawat Angkatan Udara Italia, Polisi Bea Cukai Italia, dan juga Bea Cukai serta Penjaga Pantai Australia.

Australia menggunakan pesawat ini antara lain untuk mengawasi dan menindak kegiatan pencurian ikan (illegal fishing) dan operasi kriminal lainnya.

DA62 MSA dengan bobot terbang maksimal (MTOW) 2.300 kg dapat terbang hingga 8 jam lamanya. Untuk versi angkut penumpang, DA62 berkapasitas 7 kursi termasuk satu untuk pilot.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *