Sat. Jun 15th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

2 CN235 Skadron Udara 5 Bergabung dengan Skadron Udara 27 Biak

2 min read
CN235Penlanud HND

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Tidak hanya pesawat CN235 dari Skadron Udara 2 yang pindah rumah jadi kekuatan Skadron Udara 27 di Lanud Manuhua, Biak, Papua. Ternyata, 2 CN235 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar pun turut bergabung boyongan untuk menjadi penghuni Skadnron Udara 27.

Pelepasan 2 CN235 nomor ekor AI-2317 dan AI-2318 dari Skadron Udara 5 dipimpin oleh Danlanud Sultan Hasanuddin, Makassar Marsma TNI Haris Haryanto pada Rabu (12/6/2019). Sementara pemindahan kedua pesawat dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 5 Letkol Pnb Achmad Iwan R.

Selain kedua pesawat, sebanyak 21 personel dari Skadron Udara 5 dan Skadron Teknik 044 sebelumnya juga telah diberangkatkan ke Lanud Manuhua untuk ikut mengawaki Skadron Udara 27.

Danlanud Sultan Hasanuddin berharap, para personel yang pindah tugas ke Skadron Udara 27 di Lanud Manuhua dapat menjadi pelopor dalam membangun dan mengembangkan skadron baru sebagai ujung tombak TNI AU di wilayah Indonesia Timur.

Penlanud HND
Penlanud HND

“Tetaplah semangat, loyal, dan ke depan sejarah akan mencatat pengabdian sebagai perintis utama dalam pembentukan Skadron Udara 27,” ujar Haris Haryanto sebagaimana dikutip dalam siaran pers Penerangan Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Selama beroperasi di Skadron Udara 5, kedua CN235 MPA intai taktis itu telah melaksanakan operasi udara dalam rangka menjaga kedaulatan negara. Di antaranya adalah operasi pengamanan ALKI II dan ALKI III, operasi perbatasan Ambalat, patroli bersama Selat Malaka, operasi SAR, serta patroli pengamatan bencana di Palu.

Penlanud HND

Menyimak bahwa Skadron Udara 27 merupakan Skadron Angkut Sedang di TNI AU, kemungkinan besar CN235 dengan kode registrasi AI (Angkut Intai) ini pun akan difungsikan sebagai pesawat angkut. Namun demikian, tidak disebutkan secara detail mengenai hal tersebut.

Bisa jadi juga kedua CN235 MPA itu akan tetap pada fungsinya. Kita tunggu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *