30 Ka-52 Alligator Akan Lengkapi Angkatan Kedirgantaraan Rusia

Ka-52 AlligatorMax Briansky

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Sebanyak 30 helikopter intai serang Ka-52 Alligator akan melengkapi Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) hingga tahun 2022. Sebanyak delapan unit di antaranya akan diterima tahun ini. Heli dibuat oleh pabrik Progress Aviation Enterprise, bagian dari Russian Helicopters.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko sebagaimana dikutip TASS (28/5) menyatakan, Progres Aviation Enterprise telah mendapatkan kontrak untuk memenuhi kebutuhan helikopter VKS.

Tahun depan, ia menambahkan, kontrak jangka panjang untuk pengadaan 114 Ka-52M (versi upgraded Ka-52) kemungkinan besar juga akan ditandatangani.

Heli Ka-52 disiapkan untuk melaksanakan misi penggempuran terhadap armada tank musuh, kendaraan non lapis baja, pasukan, maupun helikopter musuh pada beragam kondisi cuaca.

Sejumlah perlengkapan avionik modern telah melengkapi heli bersistem rotor utama koaksial ini. Heli dilengkapi sistem proteksi radio elektronik, pendistorsi aliran panas mesin, dan perangkat aktif kontra-elektronik musuh.

Katran
Istimewa Istimewa

Ka-52 (NATO: Hokum B) merupakan pengembangan versi side-by-side dari helikopter kursi tunggal yang menjadi pendahulunya yaitu Ka-50 Black Shark. Prototipe Ka-52 terbang perdana pada 1997 dan seri produksinya mulai dibuat tahun 2008.

Usai menyelesaikan uji coba negara (state trials), Ka-52 mulai digunakan oleh Angkatan Udara Rusia pada 2011. Ka-52 juga dibuat versi untuk Angkatan Laut dengan rotor utama dan sayap bisa ditekuk, yaitu Ka-52K Katran.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *