Drone Hybrid VTOL SMD V200 Petakan Kota Jakarta dari Ketinggian 1.300 Kaki

Drone SMD V200Dispotdirga

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Drone Hybrid VTOL SMD V200 memetakan Kota Jakarta dari ketinggian 1.300 kaki (396 m). Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Mei 2019, di Lapangan Terbang Wiladatika Pusdirga, Cibubur.

Area yang dipetakan mencakup wilayah di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur seluas 200 hektar per sorti penerbangan dari total 800 hektar yang dipetakan hari itu. Kegiatan merupakan awal dari proyek besar pemetaan Kota Jakarta seluas 70.000 hektar.

Pesawat tanpa awak VTOL SMD V200 dilengkapi dengan transponder Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B), sehingga penerbangan bisa dimonitor oleh radar ATC Jakarta. Hal ini untuk menjamin keselamatan penerbangan lebih tinggi.

Sekretaris Dinas Potensi Dirgantara (Sesdispotdirga) TNI Angkatan Udara Kolonel Pnb Agung Sasongkojati kepada Airspace Review menjelaskan, misi pemetaan udara ini sudah mengantongi rekomendasi dan izin operasi terbang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan RI, Airnav Indonesia, dan juga security clearance dan security officer dari Kementerian Pertahanan dan TNI AU. Kegiatan juga didukung dengan koordinasi keselamatan terbang oleh Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma.

Drone SMD V200
Dispotdirga Dispotdirga

Adapun Tim Remote Pilot yang menerbangkan drone ini merupakan lulusan sertifikasi Remote Pilot FASI di bawah binaan Dinas Potensi Dirgantara TNI AU. Diharapkan misi penerbangan ini akan menjadi standar bagi penerbangan drone untuk keselamatan dan keamanan penerbangan di Indonesia.

Sebelum dan sesudah kegiatan penerbangan, dilaksanakan briefing dan debriefing dengan standar operasi penerbangan berawak yang profesional.

Drone SMD V200
Dispotdirga Dispotdirga

β€œIni adalah standar profesional baru dalam penerbangan drone di Indonesia. Tim pilotnya dilatih secara profesional untuk regulasi penerbangan dan skill operasional guna menjamin safety dan security yang tinggi,” jelas Sasongkojati.

Ditambahkan, kegiatan pemetaan ini akan dilaksanakan untuk seluruh wilayah Jakarta secara bertahap.

Drone SMD V200
Dispotdirga Dispotdirga

Mengintip spesifikasi drone yang digunakan, dalam hal ini oleh PT Garuda Visi Nusantara (Gavin), disebutkan bahwa VTOL SMD V200 memiliki bobot 3,8 kg. Pesawat tanpa awak buatan Smart Drone ini memiliki jangkauan jelajah 80-115 km dengan ketahanan baterai/bahan bakar selama 80 menit.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *