Cessna 560 Citation Encore Jatuh ke Lautan Atlantik, 2 F-15 Sempat Ditugaskan Mengintersep

Cessna Citation VBrian Thompson

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Sebuah pesawat jet pribadi Cessna 560 Citation Encore (Citation V) jatuh ke Lautan Atlantik berjarak sekitar 310 mil sebelah timur Fort Lauderdale, Florida, Jumat (24/5) sore.

Dikemukakan oleh Federal Aviation Administration, petugas menara Fort Lauderdale Executive Airport kehilangan kontak dengan pesawat jet pribadi bermesin ganda buatan tahun 2001 itu.

Sebelumnya, dua jet tempur F-15 dari Homestead Air Reserve dikerahkan untuk mengintersep Citation V yang terbang keluar dari jalur tujuannya.

FAA menjelaskan, hanya ada satu pilot di pesawat Citation V. Pesawat naas tersebut tidak bisa dikontak sejak satu jam sebelum jatuh ke laut.

“Pesawat itu terbang dari St. Louis Regional Airport di East Alton, Illionis pada pukul 2.35 sore. Pesawat kemudian terdeteksi menurun ketinggiannya sebelum jatuh pukul 6 sore,” jelas FAA.

Ditegaskan, jet tempur F-15 yang sempat dikerahkan untuk melakukan pencegatan (intersepsi), tidak melakukan penembakan terhadap Citation V.

Data lain berdasarkan FlightAware menyebut, Cessna Citation beregistrasi N832R, dimiliki oleh Hypo Consulting LLC.

Aviation Safety Network menerangkan, tipe pesawat yang jatuh adalah Cessna 560 Citation Encore bermesin ganda Pratt & Whitney Canada PW535A. Registrasi pesawat N832R dengan seri pembuatan pabrik C/N/MSN 560-0585.

Atas peristiwa itu, satuan penjaga pantai US Coast Guard telah dikerahkan menuju lokasi.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *