India Hibahkan 2 Heli Mi-24 kepada Afganistan

Mi-24Reddit

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – India menghibahkan dua unit helikopter serang Mi-24 kepada Afganistan untuk digunakan oleh angkatan udara negeri itu. Hibah diberikan guna membantu negara beribu kota di Kabul itu dalam memerangi kelompok separatis dan teroris.

Penyerahan heli dilaksanakan oleh Duta Besar India untuk Afganistan Vinay Kumar kepada Pelaksana Menteri Pertahanan Afganistan Asadullah Khalid di Kabul Air Force Base, Kamis (16/5). Acara dihadiri oleh Panglima Angkatan Udara Afganistan Abdul Fahim Ramin.

Baca Juga: helikopter-tempur-lch-buatan-india-sukses-uji-coba-senjata

Dikutip dari TOLO news (17/5), hibah 2 Mi-24 kepada Afganistan merupakan pengganti dari empat heli serupa yang sebelumnya telah diberikan India kepada Afganistan tahun 2015.

India membeli Mi-24 dari Belarusia dan kemudian memberikannya kepada Afganistan. Khalid menambahkan, dua unit heli yang sama akan menyusul dibeli dan diberikan lagi kepada negeri berpenduduk 32 juta jiwa itu.

Baca Juga: mi-35m-varian-ekspor-mi-24-berkonsep-heli-serang-dan-heli-serbu-modern

India tercatat sebagai negara pemberi bantuan terbesar kepada Afganistan. Sejak tahun 2001 nilai bantuan New Delhi kepada Kabul telah mencapai 3 milar dolar AS.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *