Fri. Jun 14th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Toyota Hilux, Andalan Pasukan Khusus Rusia di Gurun Pasir Suriah

2 min read
Toyota HiluxTabaloa

ANGKASAREVIEW.COM – Pasukan khusus di berbagai belahan dunia umumnya selalu memiliki kendaraan tempur (ranpur) maupun kendaraan khusus (ransus) demi mendukung tugas-tugasnya.

Umumnya ranpur pasukan khusus memiliki spesikasi sangat istimewa, canggih, dilengkapi beragam senjata, dan yang paling utama juga tahan gempuran peluru karena bodinya berlapis baja.

Meski demikian, ranpur lapis baja bagi pasukan khusus kadang dirasa memiliki kelemahan karena bobotnya terlalu berat. Apalagi jika dioperasikan di medan tempur berpasir, pergerakannya menjadi lebih lamban.

Tautan lain: Militer Turkmenistan Pamerkan Rantis Al Shibl 2 Buatan Arab Saudi

Dengan pertimbangan bahwa ranpur lapis baja bisa-bisa malah ‘menganggu’ misi tempurnya, pasukan khusus Rusia kini memperbanyak penggunaan kendaraan khusus yang tangguh di medan berpasir.

Uniknya, kendaraan tersebut diimpor dari luar negeri. Dalam hal ini adalah Toyota Hilux pick-up dobel kabin yang telah dimodifikasi.

Tautan: Tawarkan Ranpur Fortress, Arquus Cari Peruntungan di IDEX 2019

Dalam operasi tempurnya, pasukan khusus Rusia tampak sangat percaya diri menggunakan kendaraan jenis off-road ini. Tak heran apabila dalam tiga tahun terakhir Rusia tercatat telah membeli ratusan ransus 4X4 ini termasuk Toyota Hilux.

Di sisi yang lain, pasukan khusus Rusia telah dibekali keterampilan khusus dan keterampilan tempur sesuai medan yang dihadapi menggunakan kendaraan khusus.

Tautan: Mengenal Pasukan Khusus Rusia (Bagian 1)

Dengan bobot yang lebih ringan dan tangguh, ransus jenis ini lebih lincah dan mampu melibas beragam medan termasuk melintasi jembatan-jembatan terbatas yang tidak akan kuat apabila dilintasi ranpur berat.

Penggunaan Toyota Hilux oleh pasukan khusus Rusia ini akan dipamerkan dalam parade Hari Kemenangan (Victory Day) di Moskow pada 9 Mei mendatang.

Tautan: Dua Heli Misterius Melintas di Atas Kremlin, Pasukan Khusus Rusia Sedang Berlatih?

Acara Victory Day merupakan peringatan besar-besaran atas kemenangan pasukan Rusia melawan pasukan Nazi Jerman pada Perang Dunia II. Tahun ini merupakan perayaan Victory Day yang ke-74.

Toyota HiluxAlexey Alferov

Semua Toyota Hilux yang akan berparade dalam Victory Day dicat warna coklat gurun sebagai bukti bahwa pasukan khusus Rusia telah terbiasa menggunakannya di medan Perang Suriah dan Irak untuk mengggempur ISIS.

Meski telah dimodifikasi, ratusan Toyota Hilux yang dioperasikan oleh pasukan khusus Rusia tidak tampak sangar dan masih menampilkan sosok aslinya.

Tautan: Adu Kuat Pasukan Khusus Rusia Vs Amerika Serikat di Suriah (Bagian 1 – Peralatan Taktis AS)

Tapi yang jelas Toyota Hilux tersebut sangat lincah dioperasikan dalam medan tempur gurun pasir dan sekitarnya dibandingkan ranpur lapis baja berbobot lebih berat.

A Winardi

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *