Rajin Bantu Albania, AS Sudah Hibahkan 77 Humvee dan 37 MRAP

MRAPMinistria e Mbrojtjes

ANGKASAREVIEW.COM – Amerika Serikat (AS) rajin memberikan bantuan kepada Albania. Tiga helikopter UH-60M Black Hawk sudah digelontorkan kepada pemerintah negara anggota NATO di kawasan Eropa bagian tenggara ini.

Heli diterima langsung oleh Menteri Pertahanan Albania Olta Xhacka di New Jersey National Guard, AS dalam kunjungannya pada 20 April lalu.

Tautan: Bantu Tingkatkan Kapasitas Militer Albania, AS Beri 3 Helikopter Black Hawk

Pemberian heli angkut multiguna Black Hawk kepada Albania, menyusul pemberian 77 kendaraan taktis/tempur HMMWV (Humvee) dua tahun lalu dan 37 MRAP (Mine-Resistant Ambush-Protected) tahun ini.

MRAPMinistria e Mbrojtjes
Mengutip Albania Daily News, donasi 37 MRAP oleh AS kepada Albania dilaksanakan pada 4 April lalu. Upacara serah terima dihadiri oleh Duta Besar AS di Tirana, Albania Leyla Moses-Ones dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Albania Brigjen Bardhyl Kollcaku.

Tautan lain: The All New Mbombe 4, Generasi Masa Depan MRAP dari Afrika Selatan

MRAP yang diserahkan adalah Navistar MaxxPro. Kendaraan baru ini, kata Moses-Ones, untuk membantu militer Albania dalam penugasan NATO di kawasan selatan dan juga mendukung misi-misi NATO di berbagai tempat.

Hibah MRAP merupakan bagian dari paket hibah 250 kendaraan militer AS kepada Albania yang disepakati tahun 2015. Tahun 2017 sebanyak 77 Humvee M1114 telah diserahkan oleh AS kepada Albania.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *