Sun. Jul 21st, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Antonov Kembangkan Drone Intai Bersenjata Kecil AN-BK-1 Horlytsya

2 min read
HorlytsyaAntonov SE

ANGKASAREVIEW.COM – Tersohor sebagai perancang pesawat angkut kelas berat dunia, tak membuat Antonov segan mengembangkan pesawat tak berawak (drone) ringan yang dinamai AN-BK-1 Horlytsya (Burung Tekukur). Seperti dikabarkan economics.unian.info, drone Horlytsya tersebut berhasil mengudara untuk pertama kali pada 8 November 2017 dari landas pacu Bandara Hostomel di barat laut ibu kota Kiev.

Sobat AR, tampilan desain drone Horlytsya mengusung model sayap tinggi dengan ekor model V terbalik. Wahana nirawak ini mengadopsi sistem perangkat roda pendarat model tetap (tak bisa ditarik ke dalam).

Tautan: Hadapi Gempuran Darat Pasukan Rusia, Ukraina Siapkan Drone Setan

Drone dengan MTOW 200 kg ini ditenagai sebuah mesin piston model pusher yang ditempatkan di antara tiang ekor (twin boom). Horlytsya berdimensi panjang 4,4 m, lebar 6,7 m, dan memiliki tinggi 1,5 m.

Mengenai kinerjanya, Horlytsya dapat terbang dengan kecepatan maksimum 230 km/jam dan terbang pada ketinggian 1.800-2.400 m. Drone ini mampu mengudara selama tujuh jam dengan jangkauan operasi sejauh 1.050 km.

HorlytsyaAntonov SE

Total muatan yang dibawa Horlytsya mencapai 50 kg, termasuk kubah sensor elektro-optik untuk misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR). Dua rudal udara ke darat turut melengkapi dengan digantung di bawah sayapnya.

Seluruh sistem pesawat tanpa awak Horlytsya mencakup empat drone yang didukung oleh sebuah stasiun pengendali darat (GCS) serta kendaraan transportasi/perbaikan. Total awak yang dibutuhkan untuk mengoperasikan satu sistem mencapai 22 orang.

Tautan lain: Rusia Kembangkan Drone Nuklir Bawah Laut, Pencipta Tsunami Raksasa Setinggi 500 Meter

Proyek drone Horlytsya mulai diungkap Antonov pada Agustus 2016. Tampil perdana di hadapan publik internasional saat diboyong oleh agen senjata milik negara, Ukroboron pada pelaksanaan Dubai Airshow November 2017 di Dubai, Uni Emirat Arab.

HorlytsyaAntonov SE

Sobat AR, dibandingkan dengan pesawat rancangan Antonov lainnya yang selalu membikin decak kagum karena berukuran gigantis seperti An-22 Antei, An-124 Ruslan, dan An-225 Mriya, maka Horlytsya seperti tidak ada apa-apanya.

Tautan lain: KYB, Drone Bunuh Diri (Kamikaze Drone) Besutan Kalashnikov Rusia

Tapi bagi militer Ukrania, kehadiran ‘Sang Tekukur Pengintai ini sangatlah dinanti. Pasalnya, sejak berkonflik dengan negara tetangganya Rusia di tahun 2014, militer Ukraina tak memiliki wahana pengintai udara yang dapat diandalkan.

HorlytsyaAntonov SE

Drone Horlytsya sendiri telah diuji oleh militer Ukraina sejak musim semi 2018 silam. Namun jumlah pasti drone yang akan diakuisisi ini belum disebutkan. Demikian juga kapan akan masuk jalur produksi juga belum disiarkan.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *