Sat. Jun 15th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Liebherr Serahkan Kendaraan Pengerek Lapis Baja Pertama untuk Bundeswehr

2 min read
Kendaraan DerekLiebherr

ANGKASAREVIEW.COM – Sesuai dengan jadwal, awal Februari lalu perusahaan Liebherr-Werk Ehingen GmbH mulai mengirimkan unit pertama dari 71 kendaraan pengerek/derek (crane) pemulihan (recovery) kepada Bundeswehr (Angkatan Darat Jerman). Penyerahan crane terakhir akan dituntaskan pada 2021 mendatang.

Sobat AR, berdasar siaran pers Rheinmetall AG, kontrak pengadaan kendaraan ini telah ditandatangani pada 27 Juni 2017. Penandatanganan dilakukan oleh Kantor Federal untuk Peralatan Bundeswehr, Teknologi Informasi & Dukungan dalam Layanan (BAAINBw) senilai 150 juta euro.

Tautan: AD Jerman Pesan 71 Kendaraan Khusus Penderek Lapis Baja Kelas Berat

Dari 77 mobil pengerek versi militer tersebut, 33 di antaranya adalah G-LTM, versi berkulit lapis baja. Sedangkan 38 lainya adalah versi G-BKF. Sepintas keduanya berpenampilan sama, yang membedakan adalah lapisan naja dan daya angkat muatannya.

Tautan lain: AMZ Tur VI, Sang Banteng Baja Asal Polandia

Crane versi G-LTM memiliki lengan lebih panjang yang menjulur hingga 35,7 m dan mampu mengangkat beban hingga 36,6 ton. Sedangkan versi G-BKF memiliki lengan teleskopik mencapai 20,9 m dan mampu menangani beban 22,8 ton.

Kendaraan Pengerek Liebherr

Kedua crane berpenggerak 8X8 ditenagai mesin diesel Liebherr D946TI berdaya 449 hp dan dilengkapi dengan 12 gigi maju dan 2 gigi mundur. Kedua mobil derek besar ini bisa dipacu maksimum hingga 85 km/jam dalam keadaan kosong (tak menarik beban) dan bisa bergerak pada kemiringan 60 derajat.

Tautan lain: Pertama di Dunia, Bandara Moskow Gunakan Kendaraan Derek Pesawat Lapis Baja BREM-1

Sobat AR, khusus versi G-LTM, Liebherr mempercayakan pembuatan kabin lapis bajanya pada perusahaan Rheinmetall Defence. Baik kabin pengemudi maupun kabin operator crane sanggup menahan tumbukan peluru senapan serbu dan tahan terhadap ledakan ranjau atau bahan peledak improvisasi (IED).

Kendaraan PengerekLiebherr

Crane G-LTM dan G-BKF akan digunakan Bundeswehr untuk menderek kendaraan perang berbobot berat seperti tank (MBT), ranpur IFV, panser atau truk penarik howitzer.

Tautan lain: Porcupine, Monster Landak Bersenjata Howitzer 155 mm

Dalam sebuah pertempuran, kendaraan yang mogok atau rusak terkena ranjau akan diderek pulang secepat mungkin kembali ke markas terdekat.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *