Iran Tampilkan Drone Intai Mohajem 92 di IQDEX 2019

MohajemIstimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Salah satu produk hasil garapan industri pesenjataan Iran yang diperlihatkan dalam pameran persenjataan International Defence Exhibition in Iraq (IQDEX) 2019 di Bagdad pada 9-12 Maret lalu adalah drone pengintai Raqib. Drone bermesin pusher ini dikenal juga sebagai Mohajem 92.

Dilansir Defense World, penampakan pertama Mohajem 92 terlihat saat diikutkan dalam pameran persenjataan buatan lokal dalam rangka memperingati 35 tahun Perang Iran-Iraq. Gelaran bertajuk Pekan Pertahanan Suci (Sacred Defence Week) itu dilaksanakan pada 22 September 2015 di Teheran, Iran.

Tautan lain: Iran Kembangkan Drone Intai Serang Bermesin Jet Khodkar

Drone Mohajem 92 dikembangkan oleh Departemen Swasembada Angkatan Udara Iran. Drone ini didapuk dapat melakukan misi pengintaian dan pengawas termasuk di wilayah laut Iran.

Mohajem

Mengenai kemampuannya, dipaparkan Mohajem 92 memiliki daya tahan penerbangan (endurance) kurang lebih 6 jam dengan jangkauan operasi sejauh 500 km. Drone berbobot 80 kg ini dapat melaju maksimum 200 km/jam.

Tautan lain: Mengenal Bavar 2, Perahu Terbang Garda Revolusi Iran

Sobat AR, kehadiran Mohajem 92 menambah deretan panjang drone buatan dalam negeri Iran.

Tautan lain: Hebat, Iran Produksi Rudal Udara ke Udara Jarak Jauh (BVRAAM) Secara Mandiri

Untuk drone kelas MALE (medim altitude long endurace), tiga di antara yang telah dibuat Iran adalah Karrar yang diperkenalkan tahun 2010, lalu Shahed-129 tahun 2012, dan yang terbesar Fotros pada 2013.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *