Yang Lain Lesu, ANA Justru Bergairah Terima Superjumbo A380

A380

ANGKASAREVIEW.COM – Di tengah kelesuan penggunaan pesawat jet komersial terbesar A380 oleh sejumlah maskapai dunia, All Nippon Airways (ANA) justru sangat bergairah menerima A380 pertama dari tiga unit pesanan yang telah disepakati.

Maskapai terbesar Jepang dalam jumlah pesawat ini menjadi operator ke-15 pesawat berjuluk Superjumbo ini ketika maskapai lain sudah mulai beralih atau membatalkan pesanan tambahan pesawat ini karena terlalu besar kapasitas angkutnya.

Penyerahan A380 pertama dari tiga pesanan ANA, dilaksanakan di pabrik Airbus di Toulouse, Perancis pada Rabu, 20 Maret 2019. Upacara penyerahan dihadiri oleh CEO Airbus Tom Enders, Presiden dan CEO ANA Shinya Katanozaka serta Presiden Rolls Royce Civil Aerospace Chris Cholerton.

Tautan: Empat Kreasi Baru ANA untuk Superjumbo A380 Rute Tokyo – Honolulu

ANA mengonfigurasi A380 ke dalam tiga kelas dengan kapasitas angkut total 520 penumpang. Terbagi dalam delapan kursi Kelas Utama, 56 kursi Kelas Bisnis, 73 kursi Kelas Premium Ekonomi, dan 383 kursi Kelas Ekonomi. Kursi untuk kelas ekonomi seluruhnya menempati dek bawah, sementara dek atas disediakan bagi kelas premium ekonomi hingga kelas utama.

A380

A380 berlogo ANA dan bergambar kura-kura ini akan digunakan ANA untuk menerbangi rute popular Narita – Honolulu mulai 24 Mei mendatang. Ketiga pesawat yang dipesan memiliki desain khusus merepresentasi Kura-kura Laut Hijau Hawai dengan nama Honu (Flying Honu). A380 pertama dengan nama Lani bercorak biru, kedua Kai berwarna hijau, dan yang ketiga Ka La berwarna oranye.

Tautan: A380 untuk ANA Mulai Keluar Hanggar, Akan Dikirim Awal Tahun Depan

Katanozaka meyakini, A380 akan mampu meningkatkan jumlah penumpang yang sekaligus wisatawan sebanyak dua kali lipat pada rute Tokyo-Honolulu pergi pulang. Flying Honu didesain memberikan kenyamanan lebih kepada para pelanggan ANA.

Flying honuANA

Sementara Enders menyatakan kebanggaannya Airbus dapat menyerahkan pesawat yang sangat cantik kepada ANA sesuai yang diinginkan oleh ANA. Airbus meyakini, di tangan ANA pesawat A380 akan mencapai kesuksesan yang tinggi.

Tautan: A380 Akan Tetap Terbang, Airbus Dukung Penuh Operator Pengguna

Airbus mengklaim, A380 sebagai pesawat komersial yang sangat efisien untuk menerbangi rute-rute perjalanan yang gemuk. Bagi penumpang, A380 memberikan kenyamanan lebih sebagai pesawat yang sangat lembut dari sisi suara dan penggunaan di landasan.

Saat pertama kali tampil di pameran udara Paris Air Show 2005, A380 langsung mencuri perhatian publik. Setahun kemudian pesawat ini kembali tampil di ajang pameran udara bergengsi Farnborough International Airshow 2006. Dan puncaknya, dalam penyelenggaraan Singapore Airshow 2007, A380 mulai menjadi “rebutan” maskapai-maskapai besar dunia untuk meminangnya.

Tautan: Digempur A350 dan 787, Tim Clark: Masa Depan A380 Masih Cerah

Hingga saat ini Airbus sudah memproduksi 232 unit A380 dan digunakan oleh 15 maskapai besar dunia dengan menerbangi 120 rute. Sebanyak 250 juta telah tercatat menggunakan pesawat ini.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!