Ramaikan IDEX 2019, Arab Saudi Tampilkan Kendaraan Patroli Storm-XL

Storm-2joint-forces.com
ROE

ANGKASAREVIEW.COM – Turut meramaikan pameran pertahanan internasional yang cukup bergengsi di kawasan Timur Tengah, IDEX 2019 di Abu Dhabi, perusahaan asal Arab Saudi Al Tadrea Manufacturing Comapany (TMC) turut memamerkan produknya berupa kendaraan patroli Storm-XL.

Sobat AR, sesuai dengan kode belakangnya XL (extra long), badan kendaraan berbasis Ford F-550 HD ini terlihat melar dengan wheelbase 514 cm. Namun demikian, jumlah awak yang ditampung dalam kabin Storm-XLhanya tujuh orang saja.

Sebagai penggerak, kendaraan berbobot kosong 8,8 ton ini menggunakan mesin diesel kapasitas 6.700 cc berdaya 400 hp. Sementara guna kenyamanan berkendara Storm-XL mengadopsi transmisi otomatis 6 percepatan.

Dalam menjalankan misinya sebagai kendaraan patroli, Storm-XLdilengkapi peralatan beladiri berupa stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) yang dapat dipasangi senapan mesin kaliber 7,62 mm. Terdapat pula lubang tembak dari dalam kabin sebanyak enam titik.

Tingkat perlindungan balistik Storm-XL berada pada CEN Level B7 (standar proteksi kendaraan lapis baja Eropa). Artinya, kulit lapis baja kendaraan dapat menangani hantaman peluru kaliber 7,62×51 mm.

Storm-2Storm-2
Melansir joint-forces.com, Storm-XL yang ditampilkan dalam pameran bukanlah unit purwarupa. Dalam jumlah yang tak disebutkan, kendaraan patroli Storm-XLtelah diproduksi untuk memenuhi pesanan militer Arab Saudi.

Sobat AR, mengenai TMC sendiri, perusahaan yang berbasis di Riyadh, Arab Saudi ini mulai berdiri sejak 2003. Kendaraan militer yang telah dihasilkan di antaranya adalah kendaraan taktis Storm-1 dan Storm-2 serta kendaraan patroli ringan jarak jauh yang dinamai Fox.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: “raider”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *