Thu. Jul 11th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Kelar Di-upgrade, AL Perancis Terima Jet Tempur Pertama Rafale F3-R

1 min read
Rafale F3-R

ANGKASAREVIEW.COM – Selesai menjalani proses peningkatan kemampuan (upgrade), jet tempur pertama Dassault Rafale F3-R diserahterimakan Dassault Aviation kepada Angkatan Laut Perancis. Pesawat ini akan menjadi kekuatan pertama Flotila 11F.

Angkatan Laut Perancis dalam pernyataannya pada hari Rabu menjelaskan, F3-R merupakan evolusi Rafale F3 dengan kemampuan yang lebih tinggi.

Jet tempur Rafale mulai dioperasikan di jajaran Angkatan Laut Perancis sejak 2004 (Rafale M) dan di jajaran Angkatan Udara sejak 2006 (Rafale B dan Rafale C). F3 merupakan seri dari keduanya yang mulai digunakan sejak tahun 2008.

Tahun 2013, Lembaga Pembelian Pertahanan (DGA) Perancis melaksanakan kontrak peningkatan kemampuan Rafale F3 menjadi Rafale F3-R. Sedikitnya 144 Rafale milik Angkatan Bersenjata Perancis akan menjalani proses upgrade ke F3-R.

Berbeda dengan pendahulunya, pesawat seri baru ini mampu membawa sistem persenjataan andalan seperti rudal udara ke udara jarak jauh MBDA Meteor, pod desinator laser Thales Talios, dan rudal udara ke darat laser homing modular Safran AASM.

Pesawat juga menjalani peningkatan kemampuan terkait sensor dan sejumlah penguatan bagian lainnya.

Rafale F3-R

Dassault Aviation dalam lamannya menerangkan, jet tempur mesin ganda Rafale sejauh ini telah mendapatkan cap combat proven di berbagai medan pertempuran. Seperti dalam perang di Afganistan, Libia, Mali, Irak, dan Suriah.

Dari 180 pesawat yang dipesan oleh milier Perancis, hingga saat ini sebanyak 151 unit telah dikirimkan oleh pihak pabrikan.

Rafale secara akumulasi telah membukukan 260.000 jam terbang. Sebanyak 40.000 jam terbang di antaranya dicapai di medan tempur.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *