Wed. Jul 10th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Rusia Lapisi Kanopi Su-57 dan Tu-160 dengan Material Komposit Penyerap Gelombang Radar

1 min read
Su-57Istimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Rusia melapisi kanopi jet tempur generasi kelima Su-57 dan pembom strategis Tu-160 dengan material komposit penyerap gelombang radar. Teknologi terbaru glass coating ini dikembangkan oleh Technologiya R&D Enterprise.

Dengan lapisan terbaru, tulis TASS mengutip Rostec, besar tangkapan oleh radar musuh terhadap pesawat berkurang hingga 30%. Saat ini, lapisan tersebut telah diterapkan pada prototipe T-50 (Su-57), Su-30, Su-34, Su-35, MiG-29K, dan Tu-160.

Lapisan yang terbuat dari oksida metal ini memiliki ketebalan 70-90 nm. Selain mengurangi tangkapan dari radar musuh, lapisan baru ini sekaligus melindungi pilot dari pengaruh buruk sinar untraviolet, panas matahari, dan faktor-faktor negatif lainnya.

Dijelaskan, pengaruh panas dari tempaan matahari akan berkurang tiga kali lipat serta efek negatif sinar ultraviolet berkurang 4-6 kali.

Su-57 merupakan jet tempur andalan terbaru Rusia yang akan bersaing melawan jet-jet tempur modern di kelasnya dari Eropa dan Amerika Serikat.

Sementara si “Angsa Putih” pembom strategis gaek 160 dikembangkan lagi oleh Rusia ke varian mutakhir melalui program peningkatan kemampuan dan modernisasi menjadi Tu-160M2.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *