Siap Operasional Tahun Depan, Rusia Sukses Uji Rudal Balistik Hipersonik Avangard

AvangardSky News

ANGKASAREVIEW.COM – Kementerian Pertahanan dan militer Rusia menyatakan telah sukses menguji coba peluncuran rudal balistik berkecepatan hipersonik Avangard pada Rabu (26/12/2018). Hasil uji coba disebut memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

Rudal Avangard digambarkan sebagai rudal yang mampu menghantam sasaran di berbagai tempat dan dapat membawa puluhan hulu ledak nuklir.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku sangat bangga dan gembira atas keberhasilan uji Avangard yang hasilnya sangat presisi mengenai targetnya.

Putin bahkan memerintahkan untuk segera memproduksi massal Avangard tahun depan sehingga pada Maret 2019 sudah siap operasional.

Program pembuatan Avangard  sebenarnya telah berlangsung cukup lama dan dimulai sejak 2004.

Proyek yang ditujukan untuk memperkuat persenjataan Angkatan Darat Rusia itu, dijalankan oleh Lembaga Penelitian dan Produksi, Association of Machine-Building di Reutov, Moskow.

AvangardSky News

Seperti cara kerja rudal balistik lainnya, saat diluncurkan Avangard akan meluncur ke angkasa untuk selanjutnya meluncur menuju sasarannya dengan panduan satelit.

Selain berfungsi sebagai rudal penghancur semua sasaran, Avangard juga bisa berfungsi sebagai senjata penangkis rudal.

Hadirnya Avangard di tahun depan makin memicu perlombaan senjata rudal balistik antara AS dan Rusia yang diikuti oleh negara-negara lainnya seperti China, India, dan Pakistan.

A Winardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *