Wed. Jul 10th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

April 2019, STPI Curug Akan Selenggarakan Seminar Penerbangan Tingkat Dunia

3 min read
Menhub

ANGKASAREVIEW.COM – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug pada April tahun depan akan menyelenggarakan seminar penerbangan tingkat dunia bertempat di Kampus STPI Curug, Tangerang, Banten.

Seminar dijadwalkan akan digelar pada 25-26 April 2019 dengan mengangkat tema “Joint Seminar on Higher Education for Aviation Professions (HE-AVIAP) Toward Innovative University Degrees For Aviation”.

Selain akan mengundang sembilan negara ASEAN selain Indonesia, STPI juga akan mengundang lima negara Eropa untuk ikut ambil bagian dalam perhelatan akbar tersebut.

“Seminar internasional atau tingkat dunia ini juga akan dihadiri oleh Duta Besar ASEAN, Duta Besar Negara-negara Eropa untuk Indonesia, Perwakilan ICAO di Bangkok, dan direncanakan untuk dibuka oleh Menteri Perhubungan RI,” ujar Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Untuk tempat penyelenggaraan di Kampus STPI, lanjut Widadi, ini merupakan usulan dari internal STPI.

“Kami sangat menyambut baik apabila seminar ini dapat diselenggarakan di Kampus STPI yang milik negara ini. Namun, apabila diselenggarakan di Jakarta pun kami tidak masalah,” tambah penerbang C212, Super Decathlon, dan Votec 322 ini.

STPI

Penyelenggaraan seminar penerbangan tingkat dunia yang diamanahkan oleh BPSDM Perhubungan Kementerian Perhubungan kepada STPI Curug, selaras dengan rencana penyelenggaraan seminar internasional yang awalnya digagas oleh 26 dosen S2 lulusan Advanced Master (Master Degree) dari ENAC, Perancis hasil penyelenggaraan pendidikan bea siswa Program STPI Curug.

Rencana penyelenggaraan seminar internasional tahun depan, pada Rabu siang telah dibahas oleh komisi khusus dalam rangkaian kegiatan “Penyusunan Grand Design Pengembangan SDM Transportasi Nasional 2019-2045” di Jakarta yang diselenggarakan BPSDM Perhubungan dan dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Diklat Transportasi hendaknya dibarengi dengan kepastian penyediaan lapangan pekerjaan untuk para lulusannya. Yaitu dengan cara menggandeng para stakeholder penyedia lapangan pekerjaan.

Selain itu, Menhub juga berpesan agar para peserta didik selain diberikan diklat kompetensi juga dibekali dengan pembangunan etika dan antikorupsi.

“Ini penting, karena kompetensi tanpa etika juga tidak bermakna,” ujar Menhub.

Safety

STPISTPI

STPI Curug dalam kesehariannya menyelenggarakan pendidikan dan latihan guna mencetak Taruna-taruni reguler maupun peserta diklat lainnya sehingga menjadi profesional di bidang penerbangan. Para lulusan SDM ini diarahkan sesuai dengan permintaan industri/stakeholder dengan menyikapi perkembangan teknologi.

Semua basis pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan oleh STPI Curug, mengarah kepada main core yaitu Safety. Termasuk audit yang dilakukan oleh BPK pun akan mengarah pada bagaimana tingkat safety-nya.

“Artinya, konsentrasi penting untuk melakukan tindakan pencegahan sangat diutamakan supaya infrastruktur yang dibangun dapat bertahan lama (long-term development) dan cost efficiency pun tercapai,” jabar Ketua STPI.

Pada tahun 2020, lanjut Novyanto Widadi, STPI akan mengirimkan 10 dosennya untuk mengikuti Program Doktoral di ENAC, Perancis.

SeminarSTPI

Sementara pada sisi yang lain, hingga saat ini STPI Curug telah lima tahun menjadi Second Site Training untuk Program Studi Teknik Pesawat Udara. Kemudian pada tahun ini pula telah berproses menjadi Direct Approval.

“Ini bermakna STPI telah lima tahun pendidikan dan pelatihannya sejajar/sepadan dengan standar Eropa,” jelas Widadi.

Rektor International University Liaison Indonesia (IULI) Prof. Dr. Ir. Tutuko Prajogo, M.S.Mfg.E yang ikut dalam tim pembahas rencana penyelenggaraan seminar internasional penerbangan tahun depan mengatakan, STPI merupakan sekolah penerbangan terbaik, tertua, dan terlengkap di Indonesia yang sudah punya nama serta dikenal di ASEAN maupun Eropa.

Ia berharap agar STPI berperan besar dalam pelaksanaan seminar tersebut termasuk meminta Ketua STPI menjadi salah satu pembicara dalam seminar tersebut.

Ia juga menyarankan, agar seminar ini nantinya dapat berkelanjutan dan dilaksanakan dengan model roundtable. “Sehingga, terlaksana secara komprehensif dimana para peserta seminar dari berbagai negara akan menyampaikan isu-isu penting dan strategis, termasuk isu-isu strategis yang berkembang di Indonesia,” ujar Tutuko Prajogo.

Roni Sontani

1 thought on “April 2019, STPI Curug Akan Selenggarakan Seminar Penerbangan Tingkat Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *