Rusia Kerahkan Dua Pembom Strategis Tu-142MZ untuk Melatih Elang-elang Muda

Pembom StrategisRussian MoD

ANGKASAREVIEW.COM – Bertempat di Pangkalan Udara Penerbangan Angkatan Laut Armada Pasifik Rusia di Kamenny Ruchey (29 km sebelah utara Sovetskaya Gavan), Negeri Beruang Merah mengerahkan dua pembom strategis jarak jauh Tu-142MZ.

Bukan hendak berperang, pesawat Anti-Submarine Warfare (ASW) berukuran raksasa itu digunakan untuk melatih teknik peperangan antikapal selam bagi pilot-pilot muda Rusia.

Para elang muda dilatih bagaimana mencari, mengidentifikasi, dan menjejak kapal selam untuk kemudian menghancurkan sasaran dari udara.

Tidak hanya itu, mereka juga dilatih bagaimana masuk ke sebuah kawasan asing dan melakukan praktik navigasi tanpa bantuan radio komunikasi dari darat.

Tentang Tu-142, pesawat berjuluk Bear F/J dalam daftar NATO ini merupakan turunan dari pembom strategis Tu-95 Bear. Adapun Varian MZ (Bear F) telah menggunakan mesin baru NK-12MP dan dilengkapi perangkat avionik modern.

Baca: Beruntung Banget Bisa Melihat Si Beruang Udara Rusia di Tanah Biak

Hingga tahun 2016 Penerbangan Angkatan Laut Rusia tercatat mengoperasikan sedikitnya 27 Tu-142. Pembom ini dibuat sebanyak 100 unit pada kurun 1968-1994.

Pengguna utama terdahulu adalah Angkatan Laut Uni Soviet dan Angkatan Udara Ukraina. Kini Tu-142 hanya dioperasikan oleh Penerbangan AL Rusia saja.

India pernah mengoperasikan Tu-142, namun secara perlahan perannya kemudian digantikan oleh Boeing P-8I Neptune (versi AL India untuk P-8A Poseidon) sejak Maret tahun lalu.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!