Roshel Tawarkan Senator, Kendaraan Angkut Personel untuk Militer dan Sipil

RoshelRoshel Defence

ANGKASAREVIEW.COM – Roshel Defense Solutions, perusahaan yang bergerak dalam pembuatan kendaraan antipeluru yang berbasis di Toronto, Kanada menawarkan produk terbarunya berupa kendaraan angkut pasukan (APC) yang dinamai Senator. Kendaraan ini tampil perdana dalam penyelenggaraan Association of the United States Army (AUSA) pada 8-10 Oktober 2018 di Washington DC, Amerika Serikat.

Senator dibangun menggunakan basis Ford F550HD yang memang populer dijadikan kendaraan militer lapis baja. Untuk penggeraknya, menggunakan mesin diesel berkapasitas 6.700 cc dengan daya 330 hp. Cangkangnya terbuat dari material komposit multilayer yang ringan dan kuat. Menawarkan tingkat proteksi standar Eropa yakni CEN B7 yang mampu menahan laju peluru kaliber 7.62 x 51mm dan Winchester .308.

Meski bukan tergolong kendaran jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected)Senator mampu menahan ledakan ranjau antipersonel ringan atau ledakan setara dua granat tangan jenis DM-51 buatan Jerman. Ke-12 penumpangnya duduk dengan aman di tempat duduk berpenyerap energi ledakan. Sementara untuk rodanya yang antipeluru menggunakan jenis run flat berukuran 335/80/R20.

Secara dimensi Senator cukup besar dengan panjang keseluruhan mencapai 5,9 m, lebar 2,3, dan tinggi 2,4 dan (dengan kubah senjata menjadi 3,1 m). Meski bongsor Senatord apat dipindahkan lewat udara, digantung di bawah perut helikopter angkut sekelas CH-53 atau CH-47.

Roshel APCRoshel Defence

Untuk persenjataan, Roshel menawarkan kubah senjata berawak dan versi kendali jarak jauh (RCWS) dengan pilihan senjata disesuaikan kebutuhan pemesan seperti senapan mesin kaliber 7,62 atau 12,7 mm. Tersedia juga lobang tembak dari dalam sebanyak tiga titik di bodi samping dan sebuah di pintu belakang.

Senator menganut desain modular sehingga bisa diaplikasi untuk beragam misi seperti kendaraan operasi khusus militer, penegakan hukum, pemeliharaan perdamaian, wahana antihuru hara dan evakuasi medis. Mantapnya lagi Sobat AR, Senator juga ditawarkan bagi pengguna sipil. Masih berkemampuan antipeluru dengan level CEN B6, namun sistem persenjataan telah dilucuti.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!