Lolos Verifikasi, Z-19 Versi Ekspor Masuki Fase Produksi

z-19AVIC

ANGKASAREVIEW.COM – Versi ekspor helikopter serang/ intai bersenjata Z-19 Black Whirlwind yang dikembangkan perusahaan penerbangan asal China, Harbin Aviation Industries (Group)/ HAIG dikabarkan telah lolos proses verifikasi dan siap memasuki fase produksi.

Menukil laporan dari induk perusahaan HAIG, Aviation Industry Corporation of China (AVIC), disebutkan bahwa helikopter dengan seri Z-19E ini “telah menjalani pemeriksaan profesional terkait pengujian kinerjanya dan lolos verifikasi. Demonstrasi yang dilakukan helikopter model ini mampu memasuki fase produksi.”

Serangkaian uji coba yang dilakukan di antaranya adalah penembakan langsung rudal udara-ke-udara, rudal udara-ke-darat, roket pandu dan nonpandu; serta sistem senjata berplatform pod. Uji coba juga sekaligus memverifikasi integrasi senjata dan sistem kontrol tembakan.

Baca Juga:

Helikopter Z-20 Copyhawk Mulai Kenakan Seragam Militer

Z-11WB Kuang, Heli Intai Kawal Bersenjata Terbaru China

Sayangnya, laporan itu tidak menyebutkan adanya pelanggan potensial untuk platform tersebut.

Helikopter narrow body dengan kursi tandem ini pertama kali meraih pengalaman terbangnya pada 18 Mei silam. Z-19E merupakan helikopter serang pertama China yang orientasi produksinya untuk pembeli luar negeri.

Heli ini mampu mengangkasa dengan bobot maksimum 4,250 kg. sebagai helikopter serang intai kelas ringan, Z-19E memiliki keunggulan dalam kecepatan, kemampuan mendaki dan bermain di ketinggian.

(ERY)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!