Israel Tunjuk Wanita Jadi Komandan Skadron Pertama

Allen Watkin

ANGKASAREVIEW.COM – Komandan Angkatan Udara Israel Mayor Jenderal Amikam Norkin mengumumkan bahwa pihaknya telah menunjuk seorang wanita untuk menjadi komandan skadron. Amikam mengaku bahwa wanita yang disebut sebagai “Mayor G.” tersebut merupakan komandan skadron pertama dalam sejarah AU Israel.

Mayor G. akan segera dipromosikan ke pangkat letnan kolonel. Dia akan bertanggung jawab atas skadron intelijen angkatan udara yang dikenal sebagai Skadron 122 “Nachshon”. Skadron ini sekarang mengoperasikan pesawat Gulfstream G550.

Perwira menengah berumur 34 ini bergabung dengan militer Israel pada 2003. Antara 2015 dan 2017 ia menjabat sebagai wakil komandan skadron yang sama dengan skadron yang akan ia pimpin.

Sobat AR, pada November 2014 AU Israel pernah menunjuk seorang wanita sebagai wakil komandan skuadron. Ini adalah posisi paling tinggi yang pernah dicapai seorang wanita di AU Israel saat itu.

Pada Maret tahun ini, militer  Israel menghapus sebuah video online di mana tentara mendukung kesetaraan gender untuk posisi penting di organisasi militer Israel. Video itu diunggah di halaman facebook resmi Angkatan Udara Israel untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, dan menuai pro-kontra.

Sebuah situs web berita keagamaan Israel yang melayani kaum religius-Zionis mengklaim, video itu dihapus setelah mereka mengajukan permintaan untuk menghapus konten yang “menantang”.

Video tersebut menampilkan para perwira dan prajurit wanita yang berperan dalam berbagai peran di angkatan udara. Sementara di latar belakang terlihat wanita yang menjabat posisi tertentu.

“Video tersebut disiapkan oleh tim media Angkatan Udara Israel, dan bukan merupakan produk resmi dari Unit Juru Bicara. Karena itu, kami sekarang akan menetapkan prosedur yang jelas tentang masalah ini,” Unit Juru Bicara IDF berkomentar.

(IAN)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *