Monster Metal Raksasa Laut Kaspia (Bagian 3 – Lahirnya Sang Anak Elang)

A-90/CKB

ANGKASAREVIEW.COM – Sobat AR, pada tulisan bagian kedua redaksi telah membahas mengenai monster metal dengan nama KM atau Korabl Maket yang berarti prototipe untuk angkatan laut. KM sendiri dibangun berdasar unit prototipe riset SM-8.

Sekarang mari kita lanjutkan bahasan kita ke ekranoplan Uni Soviet berikutnya

A-90 Orlyonok

Sementara program KM terus berkelanjutan, tahun 1968 Alexeyev mulai bekerja pada perancangan ekranoplan baru berukuran medium yang dijuluki A-90 Orlyonok (Eaglet = anak elang) yang dikembangkan berdasar SM-6 Utka dengan sandi ‘Proyek 904’.

A-90 Orlyonok tergolong sebagai ekranoplan (Wing In Ground Effect/WiG) ‘tipe B’. Selain mengapung di atas permukaan bisa juga terbang tinggi layaknya pesawat konvensional.

Orlyonok memiliki kemampuan amfbi selain terbang di atas permukaan air juga dilengkapi perangkat roda dan ski yang bisa ditarik kedalam untuk lepas landas dari daratan dan lapisan es. Selain mengemban misi transportasi pasukan dan logistik juga didapuk sebagai wahana serbuan pantai.

SM-6/CKB

Purwarupa dinamis pertama berkode S-23 dibangun di galangan kapal Volga-Nizhny Novgorod (Gorky). Wahana ini memiliki dimensi dengan panjang 58 meter dan berat lepas landas 140 ton. S-23 menjalani terbang berlayar pertama pada musim gugur tahun 1972 di atas air Sungai Volga. Tahun berikutnya dibongkar dan dipindahkan ke Laut Kaspia untuk pengujian lanjutan.

Sayang, pada 1975 purwarupa S-23 jatuh selama pengujian. Dari hasil penelitian ternyata material untuk lambung alloy K482T1 yang sangat kaku dan kuat tapi rapuh menjadi penyebabnya. Versi produksi selanjutnya menggunakan material baru paduan aluminium-magnesium AMG61 yang lebih ringan dan kuat.

A-90 Orlyonok ditenagai sebuah mesin propeler contra rotary Kuznetsov NK-12MK, yakni turboprop paling kuat yang pernah dipasang pada sirip tegak digunakan untuk power dalam penerbangan jelajah. Kecepatan jelajahnya 400 km/jam dan ketinggian terbang 3 meter dalam mode WiG, jangkauan operasinya sejauh 1.500 km.

A-90/CKB

Orlyonok juga mendapatkan sepasang mesin tambahan Kuznetsov NK-8-4K turbofan yang ditanam di dalam hidung dengan knalpot pembuanganya (vectoring nozzles) bisa diarahkan +10 sampai -15 derajat untuk menghasilkan dorongan guna peningkatan daya angkat serta sebagai tambahan tenaga dorong untuk lepas landas.

Awaknya terdiri dari enam orang yakni pilot komandan, kopilot, flight engineer, navigator, operator radio dan operator senjata yang mengoperasikan sepasang senapan mesin kaliber 12,7 mm dalam kubah yang bertengger tepat di belakang kokpit. Orlyonok mampu mengangkut 150 pasukan bersenjata lengkap atau 30 orang plus 40 ton muatan.

Sobat setia AR, untuk bongkar muat logistik maupun menurunkan pasukan infantri secara cepat, bagian belakang kokpit bisa terbuka penuh kesamping (folding ramp), pintu ini bisa memuat keluar masuk dua ranpur amphibi andalan AL Uni Soviet kala itu dua BTR-80 atau dua tank PT-76 kedalam perutnya.

A90/CKB

Sebagai ekranoplan, Orlyonok mewakili kombinasi sistem peralatan kapal dan pesawat terbang tradisional. Hydrosystem menyediakan fungsi untuk kemudi di permukaan dan mekanisasi sayap. Tersedia analog auto pilot yakni berupa sistem kontrol otomatis dengan bantuan gerakan.

Layaknya kapal, tersedia jangkar yang bisa ditarik serta tersedia rakit karet dan perahu motor di perutnya. Dalam hidung terinstal stasiun radar navigasi udara untuk pelacakan dan peringatan tabrakan Ekran-4 berresolusi tinggi serta tersedia aerial survey RLS ditempatkan dimenara tepat dibagian belakang turret senjata.

Tubuhnya dilapisi pelindung cat khusus electrochemical guna memberikan perlindungan dari korosi dan mencegah bagian lambung dari pertumbuhan animicules yang biasa menempel pada dinding ekranoplan atau kapal yang terendam air laut.

RANGGA BASWAWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *