Fri. Jul 12th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Melihat dari Dekat Penampakan CN235 MPA Terbaru untuk TNI AL di Hanggar PTDI

1 min read
JR Nugroho

ANGKASAREVIEW.COM – Skuadron Udara 800 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) TNI AL pada 2014 telah menerima tiga unit CN235 MPA dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Januari 2018, diserahkan lagi satu unit CN235 MPA dengan registrasi AX-2345 yang di TNI AL registrasinya berubah menjadi P-864.

Pesawat kelima (AX-2346) saat ini masih berada di hanggar PTDI dan tampaknya akan segera menyusul diserahterimakan. Pesawat terlihat dalam keadaan segar bugar alias masih ‘kinyis-kinyis’ dengan balutan kamuflase TNI AL yang sudah lengkap berikut logo Skuadron Udara 800.

Sobat AR, pada saat kami mengunjungi pabrik pesawat yang berada di Bandung, Jawa Barat belum lama ini, kami pun diberi kesempatan untuk melihat-lihat pesawat patroli maritim terbaru pesanan TNI AL itu hingga ke bagian kabin dan kokpitnya.

Lebih dari itu kami hanya diberi kesempatan untuk memotret bagian luarnya saja. Nah, sekadar berbagi penampakan sebelum diserahterimakan, yuk simak foto-foto di bawah ini.

JR Nugroho

Bagian depan pesawat dengan pintu model tangga di sebelah kanan.

JR Nugroho

Logo Skuadron Udara 800, satuan di jajaran Puspenerbal TNI AL yang akan mengoperasikan pesawat patroli maritim ini.

JR Nugroho

Mendekati bagian ekor terdapat jendela model kaca gelembung (bubble window) untuk membantu pengamatan secara visual dan juga pemotretan menggunakan kamera genggam.

JR Nugroho

Registrasi PTDI AX-2346 untuk CN235 MPA TNI AL yang kelima. Yang keempat sudah diserahkan pada 9 Januari lalu dengan registrasi PTDI AX-2345.

JR Nugroho

Menjalani penyelesaian-penyelesaian akhir sebelum diserahterimakan dan dioperasikan oleh Skuadron Udara 800 TNI AL.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *