Batalyon Mandala Yudha Kostrad Dapat Tambahan 5 Unit MBT Leopard 2Ri

leopard 2riPen Kostrad

ANGKASAREVIEW.COM – Batalyon Mandala Yudha Kostrad mendapat dukungan alutsista terbaru. Modular brigade Kostrad ini dihibahkan penambahan lima unit main battle tank (MBT) Leopard 2Ri dari Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1/BCC Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad.

Pergeseran ranpur utama asal Jerman tersebut dilaksanakan Senin (11/6/2018) kemarin dari Markas Yonkav 1 Kostrad di Cimanggis, Depok menuju Markas Yon Mandala Yudha Kostrad di Lebak, Banten.

Tiga unit MBT Leopard 2Ri di angkut menggunakan Transporter Iveco yang mampu mengangkut beban seberat 90 ton dan dua unit sisanya diangkut menggunakan Tank Transporter Scania. Bobot monster kota TNI AD ini kala siap tempur mencapai 63 ton

Dari penuturan Komandan Batalyon Kavaleri 1/BCC Divif 1 Kostrad Letkol Kav Muhammad Darwis, pergeseran kelima MBT ini dijalankan sesuai rencana dari Pussenkav Kodiklat TNI AD yang melaksanakan penataan alutsista di jajaran TNI AD, khususnya Satuan Kavaleri TNI AD.

Ia menambahkan, pergeseran tersebut juga merupakan kebijakan dari komando atas untuk melengkapi alutsista di jajaran satuan tempur Kostrad.

Baca Juga:

Intip Sangarnya Tampilan Corak Baru MBT Leopard 2Ri Yonkav 8 Kostrad

Mantan Tulang Punggung Bundeswehr, Miskin Pengalaman Tapi Laku di Pasaran

Batalyon Mandala Yudha adalah satuan tempur yang diproyeksikan sebagai embrio dari Brigade Tim Pertempuran Berat.

Satuan dalam tubuh kostrad yang dibentuk pada 6 Desember 2017 ini memiliki komposisi mulai dari satuan tempur Infanteri, satuan bantuan tempur Artileri Medan (Armed), Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) hingga satuan Helikopter tempur (Penerbad).

Tak hanya itu, batalyon ini juga didukung satuan Zeni, satuan Peralatan dan satuan Perhubungan dalam penyiapan operasional mereka.

Keberadaannya akan merealisasi konsep “Modular Brigade”. Diharapkan ke depan batalyon ini akan menjadi satuan setingkat Brigade yang lengkap, kuat, dan efektif serta memiliki deterrence effect terhadap ancaman kekuatan lawan.

Keberadaan Batalyon Mandala Yudha ini merupakan jawaban dari pembentukan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat urgent dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat.

Tugas operasinya meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala nasional maupun internasional.

Markas Batalyon Mandala Yudha Kostrad berdiri di atas lahan 700 hektar di daerah Ciuyah, Kabupaten Lebak, Banten.

(ERY)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

97 views