Pecah Rekor! Maskapai Ini Luncurkan Penerbangan Komersial Terpanjang di Dunia

terpanjangSingapore Airlines

ANGKASAREVIEW.COM – Singapore Airlines (SIA) akan meluncurkan penerbangan komersial rute terpanjang di dunia 11 Oktober mendatang. Layanan penerbangan non-stop Singapura-New York ini dipercayakan kepada armada pesawat Airbus A350-900ULR (ultra-long-range) terbaru mereka.

Penerbangan jarak jauh ini akan langsung menuju Bandara Internasional Newark Liberty. Fase awal, rute ini akan dilayani tiga kali penerbangan dalam seminggu. Sementara layanan penerbangan harian akan dimulai pada 18 Oktober, setelah pesawat A350-900 ULR ditambahkan dalam jaringan layanan penerbangan.

SIA merupakan pembeli pertama pesawat A350-900 ULR versi terbaru, dengan pesanan pasti sebanyak tujuh armada. Pesawat akan dikonfigurasi dengan dua kelas, yakni 67 kursi kelas bisnis dan 94 kursi kelas ekonomi premium.

Penerbangan akan menjangkau jarak tempuh sektiar 9,000 nm (16,700km), dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 18 jam 45 menit.

Sebelumnya operator penerbangan asal Singapura ini pernah melayani rute Singapura-Newark hingga tahun 2013. Namun lantaran pesawat yang digunakan pada layanan ini, A340-500, dikembalikan ke Airbus, akhirnya layanan tersebut ditangguhkan.

Baca Juga:

Bersiap, Dreamliner Singapore Airlines Akan Menjamah Penerbangan ke Bali

Singapore Airlines Sandang Predikat Angkutan Kargo Udara Terbaik di Asia

“Singapore Airlines bangga dapat selalu berinovasi guna menyediakan kenyamanan perjalanan terbaik bagi para pelanggan kami, dan kami senang dapat menjadi maskapai terdepan melalui  penerbangan non-stop dengan teknologi-terbaru ini, yang memiliki jangkauan yang sangat panjang Airbus A350-900 ULR,” ungkap CEO Singapore Airliness Goh Choon Phong, Rabu (30/5/2018).

Armada A350-900ULR menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman. Langit-langit kabin pesawat ini lebih tinggi dan jendela yang lebih besar. Dengan badan pesawat yang lebih lebar, pencahayaan didesain untuk mengurangi jetlag.

Struktur mekanis pesawat yang terbuat dari komposit karbon menghasilkan kualitas udara yang lebih baik, karena tingginya ruang kabin dan tingkat kelembaban lebih optimal.

Singapore Airlines memiliki 21 armada A350-900, ditambah 46 pesanan lagi termasuk tujuh varian ULR. Armada pesawat A350-900ULR pertama akan dikirimkan pada bulan September, dan tujuh armada lainnya akan dikirimkan pada akhir tahun ini.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *