Militer Perancis Segera Diperkuat ACMAT VT4 Gantikan Peugeot P4

Renault DT

ANGKASAREVIEW.COM – Trimatra militer Perancis mulai tahun ini segera menerima 200 unit batch pertama rantis ringan VLTP-NP (Vehicule Leger Tactique Polyvalent Non Protege atau Non-Protected Light Multirole Tactical Vehicle). Rantis ringan buatan Acmat (Ateliers de Construction Mécanique de L’Atlantique) ini mendapat nama resmi VT-4.

Order sebesar 500 juta euro untuk pengadaan 3.700 rantis ini diberikan Kementerian Pertahanan Perancis kepada Renault Truck Defence pada April 2016. Didapuk untuk menggantikan rantis Peugeot P4 (lisensi G-Class dari Mercedes Benz) yang mulai berdinas tahun 1982.

Peugeot

Versi pertama yang akan dikirim ke Angkatan Darat Perancis adalah tipe SUV yang disebut sebagai ALTV SW (ACMAT Light Taktis Station Station Wagon) diibangun berdasar lisensi Ford Everest 4×4. Pilihan menggunakan kendaraan komersial ini murni untuk menghemat biaya pengadaan dan layanan.

Modifikasi besar dilakukan guna merombak Ford Everest agar sesuai dengan spesifikasi militer. Mesin diesel bawaan diganti yang lebih kuat 150 hp serta mendapatkan sistem suspensi baru yang lebih kuat.

Renault Trucks Defense mempercayakan seluruh pengerjaan modifikasi dan produksi kepada pabrik ACMAT yang berada Saint-Nazaire. Produksi pertama sudah dilakukan pada februari 2018 dan diperkirakan tuntas sebelum tahun 2022. ACMAT sendiri diakuisisi oleh Renault Truck Defence sejak Mei 2006.

Renault DT
Renault DT

ALTV SW memiliki dimensi panjang 4,8 m, lebar 1,8 m, dan tinggi 1,8 m. Dengan berat kotor kurang dari 3,5 ton dan bawaan muatan hingga 900 kg (naik 200 kg dibanding Peugeot P4), rantis yang diawaki 4-5 prajurit ini bisa diangkut di dalam perut CN-235 dan C-130 milik AU Perancis.

Selain versi station wagon (SW), ACMAT juga menawarkan versi pick-up yang dapat menampung dua awak serta versi double cab (kabin ganda) berawak empat yang bisa membawa muatan hingga 1,3 ton.

Sebelumnya ACMAT pernah memproduksi ALTV generasi pertama berdasar pick-up serbaguna Nissan Navara 4×4 pada 2009. Lebih 1.000 unit ALTV terjual, bahkan pernah ditawarkan ke militer Indonesia. Saat itu ACMAT memboyong sebuah ALTV ke IndoDefence 2012 yang berlangsung di Kemayoran, Jakarta Pusat.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *