Gantikan Pilotnya yang Gugur, Thunderbirds Panggil Pilot Veteran

Thunderbirds

ANGKASAREVIEW.COM – Tim Aerobatik Angkatan Udara Amerika Serikat, Thunderbirds, telah memanggil salah satu pilot veterannya, Mayor Nick “Khan” Krajicek, untuk kembali mengisi posisi slot (Thunderbird 4) di tim penari udara itu.

Krajicek menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Mayor Stephen “Cajun” Del Bagno yang gugur bersama pesawatnya pada kecelakaan tanggal 4 April 2018 di Nevada Test and Training Range.

Pergantian personel di posisi slot dilakukan tiga minggu pascakecelakaan karena Thunderbirds harus segera menuntaskan sisa jadwal tampil di 2018 ini.

Krajicek sendiri sebelumnya telah mengisisi posisi slot di Thunderbirds pada musim 2016-2017.

“Kami bersyukur ‘Khan’ bisa kembali ke tim,” ujar Letkol Kevin Walsh, Komandan Thunderbirds (Thunderbird 1) sebagaimana disampaikan dalam keterangan tertulis.

Walsh menambahkan, pengalaman dan keakraban Krajicek dengan tim merupakan aspek terpenting dalam pertimbangan kembalinya dia melanjutkan kesuksesan tim tampil dengan formasi enam jet F-16 Fighting Falcon.

Pascamusibah di Nevada, Thunderbirds telah membatalkan tiga jadwal pertunjukan di California, Florida, dan Missisipi.

Krajicek yang berstatus sebagai Instruktur Penerbang F-16, telah mengumpulkan lebih dari 3.400 jam terbang di Angkatan Bersenjata AS termasuk 650 jam terbang di medan pertempuran.

Sebelum dialihtugaskan ke AU AS (USAF) tahun 2004, dia adalah penerbang helikopter UH-60  Black Hawk di Angkatan Darat AS (US Army).

RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *