Jet F-16 Thunderbirds AU AS Jatuh, Pilot Tewas

USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Sebuah pesawat jet F-16 Fighting Falcon dari Tim Aerobatik Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) Thunderbirds jatuh di Nevada Test and Training Range dekat Nellis Air Force Base, Nevada, Rabu (4/4/2018).

Pilot dinyatakan tewas, namun AU AS tidak merinci identitas yang bersangkutan. Dikatakan, pihaknya masih perlu menginvestigasi sebab-sebab dari kecelakaan tersebut.

Pesawat jatuh pada pukul 10.30 pagi selagi melaksanakan latihan guna tampil pada ajang “March Field Air & Space Expo” di March Air Reserve Base, California akhir pekan ini.

Belum dijelaskan juga, apakah musibah ini akan berpengaruh pada sisa agenda penampilan Thunderbirds tim tahun ini atau tidak.

Thunderbirds berkekuatan enam pesawat F-16C dan 2 F-16D. Tim aerobatik yang bermarkas di Nellis AFB dan didirikan tahun 1953 ini merupakan tim aerobatik tertua ketiga di dunia. Yang pertama adalah Patrouille de France (1931 – Tim Aerobatik AU Perancis) dan kedua Blue Angels (1946 – Tim Aerobatik AL AS).

USAF

Bagi militer Amerika Serikat, kecelakaan yang menimpa Thunderbirds pada Rabu merupakan musibah ketiga dalam 48 jam terakhir.

Pada hari Selasa, pesawat jet AV-8B Harrier milik Korps Marinir jatuh sesaat setelah lepas landas di Camp Lemonnier, Djibouti. Pilot melepaskan diri menggunakan kursi lontar dan selamat.

Pada hari yang sama, helikopter angkut berat CH-53E Super Stallion jatuh di El Centro, California menyebabkan empat awaknya tewas. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *