Mengenal Dornier Do 228-212, Pesawat Patroli Pantai Andalan Coastguard Belanda

Netherlands Coastguard

ANGKASAREVIEW.COM – Dua pesawat turboprop Dornier Do 228-212 digunakan sebagai pesawat patroli oleh satuan Penjaga Pantai Belanda atau Kustwacht (Netherlands Coastguard).

Pesawat menggunakan registrasi sipil (PH-CGC & PH-CGN) dan bergabung dengan Unit Pesawat Coastguard (Coastguard Aircraft Unit) yang berada di Bandara Schiphol, Amsterdam sejak 2007.

Meski tugasnya menempel ke satuan penjaga pantai, sejatinya pesawat ini dimiliki dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Belanda (Royal Netherlands Air Force – RNAF). Coastguard Aircraft Unit pun melaporkan kegiatan pesawat ini kepada Skadron 334 RNAF yang bermarkas di Eindhoven.

Kedua pesawat D0 228-212 yang dioperasikan Kustwacht dilengkapi sejumlah perangkat sensor seperti Terma side-looking airborne radar (SLAR) dan sistem FLIR AN/AAQ-22 SAFIRE HD elektro-optik/inframerah.

Youtube

Pesawat selain melakukan misi patroli maritim juga melaksankan misi SAR, penegakan hukum, patroli perbatasan, dan patroli udara. Pesawat diawaki oleh dua pilot dan dua observer.

Dornier D0 228 banyak digunakan oleh operator sipil. Pesawat dengan kapasitas 19 penumpang (sekelas CASA 212/N-219) ini dibuat oleh pabrik Dornier GMBH Jerman sejak era 1980-an dan kini diteruskan oleh pabrik RUAG, Swiss yang melahirkan Do 228 New Generation. (RON)

One Reply to “Mengenal Dornier Do 228-212, Pesawat Patroli Pantai Andalan Coastguard Belanda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *