Ocean Infinity Akan Akhiri Pencarian MH370 Juni Mendatang

Istimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Ocean Infinity, perusahaan pemetaan dan riset laut asal AS berencana akan menyudahi proses pencarian pesawat Malaysian Airlines MH370 yang dinyatakan hilang empat tahun lalu. Hal ini diutarakan oleh salah seorang pejabat Malaysia sambil menyatakan bahwa kerja sama pencarian ini berlangsung dengan siste no find no fee, dimana jika perusahaan tidak berhasil menemukan pesawat, maka pemerintah tidak akan membayar jasa mereka.

Ocean Infinity sendiri telah memulai pencarian bangkai pesawat MH370 sejak 22 Januari lalu. Dalam kontrak kerja sama itu disebutkan, perusahaan yang berbasis di Houston, Texas itu akan melakukan pencarian dalam waktu 90 hari.

Baca juga:
Pangkohanudnas: Pengambilalihan FIR dari Negara Lain Mutlak Dilakukan Indonesia
ATR-72 Iran Jatuh Tewaskan 66 Penumpang

Namun, Kepala Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman mengatakan, jangka waktu tersebut tentunya akan lebih lama lantaran terkendala cuaca buruk dan kapal Ocean Infinity harus mengisi bahan bakar di Australia.

Pencarian pesawat Malaysian Airlines ini merupakan usaha lanjutan setelah Malaysia, China, dan Australia menghentikan proses pencarian di wilayah Samudera Hindia satu tahun yang lalu.

“Seluruh keluarga korban, termasuk juga seluruh dunia memiliki harapan baru untuk menemukan pesawat teraebut sebagai cerita penutup,” ujar Azaruddin seperti ditulis dalam media lokal di Malaysia.

Penemuan bangkai pesawat MH370 ini juga menjadi amat penting bagi industri penerbangan di dunia untuk mengetahui penyebab pasti dari kecelakaan yang merenggut nyawa seluruh penumpang dan awak pesawat itu.

Dalam pencarian ini, pihak pemerintah Malaysia 85% yakin jika Ocean Infinity akan menemukan puing-puing pesawat di area pencarian baru yang memiliki luas 25.000 km persegi.

Hal ini bertolak belakang dengan keyakinan pihak keluarga korban MH370.

“Itu tidak memperbaharui harapan kami karena saya juga harus realtistis,” ujar Intan Maizura Othman, istri dari salah satu pramugara di pesawat nahas itu, Sabtu (3/3/2018) lalu.

Jika pada akhirnya misi pencarian ini membuahkan hasil, maka Ocean Infinity akan diganjar bayaran sebesar 20 juta dolar AS untuk wilayah pencarian seluas 5.000 km persegi dari pencarian yang berhasil, 30 juta dolar AS untuk 15.000 km persegi, dan 50 juta dolar AS untuk 25.000 km persegi.

Jika perusahaan itu mampu menemukan kotak hitam atau menemukan pesawat di luar wilayah pencarian, maka pemerintah Malaysia wajib membayar 70 juta dolar AS.

Seperti diketahui bersama, Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan MH370 dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014 lalu. Penerbangan dengan rute Kuala Lumpur-Beijing itu mengangkut 239 penumpang.

(IAN)

Bagikan ini :

One Response to Ocean Infinity Akan Akhiri Pencarian MH370 Juni Mendatang

  1. Wagirin berkata:

    Kepada pemerintah malaysia/pejabat malaysia.. Jika ocean infinity tidak menemukan pesawat mh370. Boleh coba informasi dari saya, bahwa saudara saya seorang nelayan, pada waktu kejadian hampir saja kejatuhan pesawat itu, dan sampai sekarangasih menyimpan titik koodinate.. Untuk selanjutnya hubungi saya. Nama wagirin hp085262259968.sumatera Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!