AU Rusia Bersiap Terima Kedatangan Radar Terbang A-100

Sputnik

ANGKASAREVIEW.COM – Rusia berencana untuk memulai seri pengiriman Beriev A-100 AWACS (airborne warning and control system) pada saat yang bersamaan dengan pengiriman sistem pertahanan udara S-500. Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengatakan bahwa seri pengiriman radar terbang teranyar tersebut paling tidak akan dimulai pada tahun 2020.

“Sejalan dengan rencana tersebut, seri pengiriman pesawat A-100 ke pasukan akan dimulai pada 2020,” kata Shoigu.

Radar terbang A-100 tengan dibangun yang mengadopsi rancang bangun dasar pesawat angkut militer Ilyushin Il-76MD-90A (Il-476). Beriev A-100 nantinya akan mengantikan tugas pendahulunya, pesawat AWACS Beriev A-50 yang sampai saat ini menjadi andalan Angkatan Udara Rusia.

Seperti yang dituturkan Kementerian Pertahanan Rusia, A-100 memiliki keunggulan dikelasnya karena mampu mendeteksi atau melacang lebih dari 300 target. Radar terbang ini juga mampu memantau gambar yang terdapat di udara, darat, dan permukaan.

Sebelumnya Wakil Komandan Pasukan Kedirgantaraan Rusia, Letjen Viktor Gumenny, mengatakan bahwa pada waktu yang hampir bersamaan pengiriman S-500 yang merupakan produk sistem pertahanan udara kesohor Rusia juga diharapkan akan dimulai dilakukan. FERY SETIAWAN

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

422 views