Begini Cara Siswa Semaba TNI AU Jalani Orientasi Medan, Berminat?

Pen SMO

ANGKASAREVIEW.COM – Menjadi siswa Sekolah Pertama Bintara (Semaba) TNI AU tak ayal harus mengikuti masa orientasi medan selama dua hari. Hal ini pula yang dijalani 380 Siswa Semaba TNI AU Pria Angkatan ke-42 baru-baru ini. Orientasi dilaksanakan di lingkungan Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Dilaksanakannya orientasi medan, bertujuan agar para siswa Semaba mengenal dan memahami secara fisik keberadaan Lanud Adi Soemarmo yang akan menjadi tempat/wilayah mereka digembleng nantinya. Para siswa Semaba ini dididik di bawah naungan Skadron Pendidikan (Skadik) 403 Lanud Adi Soemarmo. Mereka digembleng dan dididik dari masyarakat sipil menjadi prajurit Bintara TNI AU.

“Karena para siswa ini telah memasuki kehidupan militer, maka mereka dituntut berdisiplin, tertib serba teratur, dan senantiasa menjaga kondisi kesehatan badan agar tetap prima,” ujar Komandan Skadik 403 Letkol Adm Febby Adrian sebagaimana dikutip oleh Kepala Penerangan Lanud Adi Soemarmo Kapten Sus BRM Prasetyo Aryo Panji.

Danskadik 403 berharap, para siswa dapat mengikuti semua kegiatan, baik pelajaran teori maupun praktik di lapangan secara sungguh-sungguh dan menjaga lingkungan ksatrian pendidikan agar tetap bersih dan rapi.

Pen SMO

Orientasi medan siswa Semaba TNI AU Pria Angkatan 42 dimulai setelah upacara pembukaan pendidikan di Lapangan Dirgantara. Kemudian dilanjutkan dengan tradisi cinta Tanah Air dan penanaman nilai-nilai kejuangan. Acara dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan Lanud Adi Soemarmo serta tradisi masuk Ksatrian Kawah Candradimuka Skadik 403.

Usai mengikuti tradisi ksatriaan dengan cara merayap, tiarap, dan berguling untuk pengambilan helm, para siswa selanjutnya melaksanakan kegiatan orientasi medan dengan menempuh rute Lanud Adi Soemarmo menuju Lapangan Tembak Kopral Semi di Kenteng, Nogosari, Boyolali.

Pada hari kedua, kegiatan orientasi medan dilaksanakan di Bangak dan Tanjungsari, Banyudono, Boyolali lalu kembali ke Ksatrian Skadik 403. Melelahkan? Tentu saja, tapi itu baru awal dari masa pendidikan selama lima bulan yang harus mereka jalani hingga dinyatakan lulus sebagai Bintara TNI AU. Anda berminat? Pastikan dulu kesiapan mental dan fisik tentunya. Siswa Semaba TNI AU direkrut dari lulusan SMA/SMK sederajat dan berusia antara 18-22 tahun. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

410 views