KSAU: Ancaman Perang Telah Bergeser ke Perang Non Tradisional

DISPENAU

ANGKASAREVIEW.COM – Ancaman perang saat ini telah bergeser dari ancaman perang tradisional  ke arah ancaman perang non tradisional. Demikian dikatakan KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada sambutan pembukaan latihan Angkasa Yudha 2017 di Ksatrian Seskoau, Lembang, Senin (21/8).

Dikatakan KSAU, latihan Angkasa Yudha merupakan latihan puncak TNI Angkatan Udara dan merupakan akumulasi dari berbagai latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Latihan Angkasa Yudha merupakan refleksi dan hasil investasi dari segala usaha maupun hasil pembinaan yang selama ini telah dilakukan, baik di bidang intelijen, operasi, personel, logistik, maupun di bidang komunikasi dan elektronika (komlek).

“Oleh karena itu dalam perang modern dituntut adanya tingkat akurasi yang tinggi sehingga dibutuhkan sebuah perencanaan, taktik dan strategi perang udara, serta doktrin perang udara yang harus senantiasa dievaluasi dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kultur perang yang sedang berlaku,” ujar KSAU.

DISPENAU

KSAU berharap melalui latihan ini akan diperoleh gambaran sejauh mana koordinasi antara satuan dan unsur-unsur yang terlibat dalam melaksanakan latihan operasi udara secara mandiri maupun operasi gabungan TNI.

Pada kesempatan tersebut KSAU juga menyampaikan beberapa atensi untuk dipedomani. Pertama, laksanakan latihan ini dengan penuh dedikasi dan semangat tinggi disertai kesungguhan, disiplin, kecermatan, dan rasa tanggung jawab. 

Kedua, manfaatkan latihan ini untuk menyempurnakan doktrin-doktrin yang  berkaitan dengan operasi udara. 

Ketiga, berdayakan semua sumber daya yang tersedia secara maksimal, sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat dicapai.

RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

277 views