Fri. Jul 19th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Singapura Bangun Pusat Komando Baru Operasi Khusus Atasi Terorisme

1 min read
SAFMINDEF

AIRSPACE REVIEW (AngkasaReview.com) – Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) sedang menyiapkan pembangunan baru Pusat Komando Operasi Khusus (Special Operations Command Centre/SOCC) untuk mengatasi masalah terorisme.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dalam keterangan kepada media akhir bulan lalu mengatakan, SOCC akan difungsikan sebagai hub bagi perencanaan, pemantauan, dan pengaturan aksi militer mengahadapi aksi terorisme dan keadaan darurat dalam negeri.

SOCC akan dibangun di bagian timur Hendon Camp dan dijadwalkan mulai beroperasi akhir tahun ini.

Dalam menjalankan perannya, SOCC akan bekerja sama dengan badan-badan lain saat dibutuhkan.

Seperti dilaporkan Jane’s (2/7), SOCC akan dilengkapi dengan sistem komando, kendali, komunikasi, komputer, dan intelijen (C4I) guna mendukung pelaksanaan tugas-tugasnya.

MINDEF

SOCC juga akan didukung dengan beragam teknologi maju yang telah dimiliki SAF seperti perangkat robotik, sistem tanpa awak, kecerdasan buatan, hingga sistem analisis data.

Ng menjelaskan, pergeseran pusat aksi teror dari Timur Tengah ke kawasan regional (Asia Tenggara), menjadi dasar bagi Singapura meningkatkan kewaspadaan terhadap pergerakan dan aksi-aksi terorisme.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *