Sun. Jul 14th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Siap Lakukan 50 Percobaan di Udara, Ini Sosok Boeing Triple Seven ecoDemonstrator

2 min read
ecoDemonstrator

Boeing

AIRSPACE REVIEW (AngkasaReview.com) – Boeing meluncurkan 777 ecoDemonstrator, pesawat badan lebar yang siap melakukan sedikitnya 50 percobaan di udara tahun ini.

Percobaan-percobaan itu terkait dengan peningkatan keamanan terbang, kenyamanan awak pesawat maupun penumpang, dan keberlanjutan lingkungan.

Peluncuran pesawat dilaksankaan di markas Boeing di Seattle, Amerika Serikat pada Senin, 1 Juli 2019.

Boeing 777 ecoDemonstrator antara lain akan melakukan uji informasi digital antara pemandu lalu lintas (ATC), layar data di kokpit, dan pusat operasional maskapai penerbangan demi terciptanya efisiensi dan keamanan penerbangan yang optimal.

Uji coba lainnya adalah aplikasi kantong penerbangan elektronik yang secara otomatis akan memberikan informasi perubahan rute kepada pilot karena kondisi cuaca.

Boeing

Sementara di kabin, akan diuji alat monitor kelembaban udara yang memungkinkannya melakukan penyesuaian secara otomatis.

Kabin 777 ecoDemonstrator memiliki desain yang beda yang disebut iCabin di mana kabin dirancang dengan model kabin terhubung (connected cabin technologies).

Ada pula kamera yang dapat menyajikan suasana pandangan di luar pesawat bagi penumpang.

Boeing dalam rilis yang diterima Airspace Review mengatakan, pihaknya tidak hanya membuat ecoDemonstrator berbasis pesawat penumpang komersial Boeing 777 saja. Pabrikan ini telah membuat lima pesawat serupa berbasis B737-800, Boeing 787-8, B757, Embraer E170 dan pesawat kargo Boeing 777F.

Penerbangan perdana pesawat ecoDemonstrator dilaksanakan tahun 2012 dan sejak saat itu sudah 112 kali percobaan di udara dilakukan hingga tahun 2018.

Hasilnya, sepertiga dari hasil percobaan itu sudah diterapkan di pesawat-pesawat produksi Boeing dan juga oleh mitra Boeing.

B757 ecoDemonstrator

Di antara teknologi yang telah digunakan misalnya aplikasi iPad yang dapat memberikan informasi terkini kepada pilot untuk menurunkan penggunaan bahan bakar dan emisinya, informasi approach path untuk mengurangi unsur kebisingan, dan penggunaan kamera yang memungkinkan pilot menghindari rintangan di darat.

Boeing menggandeng 12 mitra kerja untuk melaksankaan 50 percobaan udaranya.

Penerbagnan uji akan dilaksanakan pada musim gugur tahun ini termasuk penerbangan ke Bandara Frankfurt, Jerman di mana Boeing akan mempresentasikan teknologi di pesawat ini kepada para perwakilan industri dan undangan.

Roni Sontani

* AngkasaReview.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *