Sun. Jul 21st, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

TBR Tawarkan MRAP Despot 4X4 di Pameran Pertahanan Partner 2019 Serbia

2 min read
Despotmondo.rs

AIRSPACE REVIEW (AngkasaReview.com) – Untuk pertama kalinya perusahaan TRB (Tehnicki Remont Bratunac) asal Republik Srpska memamerkan secara utuh kendaraan tempur (ranpur) Despot 4X4 pada pameran petahanan Partner 2019  yang berlangsung di Belgrade, Republik Serbia pada 25-28 Juni 2019.

Sebelumnya pada Februari 2019, TBR untuk pertama kalinya memboyong Despot dalam bentuk model skala ke pameran pertahanan internasional IDEX 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Despot tergolong ranpur jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) yang dirancang untuk menghadapi ancaman ranjau darat atau bahan peledak improvisasi (IED).

Tingkat perlindungan terhadap ranjau dan IED berada pada level 2A atau 2B STANAG 4569. Sementara tingkat perlindungan balistik Despot  berada pada level 2 STANAG 4569 dan opsional dengan add-on armor tambahan menjadi level 3.

Ranpur berbobot 14 ton ini digerakkan menggunakan mesin diesel Mercedes-Benz tipe OM 926 LA kapasitas 7.200 cc berdaya 322 hp. Despot dilengkapi transmisi otomatis Allison 3000SP dengan 6 gigi percepatan maju dan 1 gigi mundur.

mondo.rs

Kecepatan maksimum Despot di jalan datar mencapai 120 km/jam. Kendaraan dapat mengatasi tanjakan hingga sudut 50 derajat dan kemiringan jalan 30 derajat. Despot  juga sanggup melangkahi rintangan setinggi 50 cm serta melintasi parit sedalam 110 cm.

Dikutip dari armyrecognition.com, Despot memiliki dimensi panjang 6,05 m, tinggi 2,70 m, dan lebar 2,56 m. Kendaraan ini diawaki tiga orang yakni komandan, pengemudi dan juru senjata. Kabin belakangnya dapat menampung enam pasukan bersenjata.

Untuk perlindungan diri, di atas atap Despot dipasangi kubah senjata kendali jarak jauh (RCWS) bersenjatakan senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Tersedia juga enam lubang tembak dari dalam kabin dan empat tabung pelontar granat asap di setiap sisi bodi.

Sosok Despot sendiri pertama kali terlihat saat ditampilkan dalam peringatan Hari Nasional Republik Srpska di kota Banja Luka pada 9 Januari 2019.

Army Recognition

Saat ini Despot telah digunakan oleh Pasukan Khusus Bosnia dan Herzegovina.

Nama Republik Srpska terbilang asing di telinga. Negeri mungil ini memiliki wilayah yang menyatu dengan negara Bosnia & Herzegovina pecahan Yugoslvia.

Republik Srpska memiliki konstitusional dan hukum entitas sendiri. Ibu kotanya adalah Sarajevo, namun pusat pemerintahan berada di Banja Luka.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *