Fri. Jun 21st, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

EINSA Perkenalkan Neton UTV di FEINDEF 2019 Spanyol

2 min read
EINSA Netondefensa.com

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – EINSA perusahaan asal Spanyol memperkenalkan produk terbarunya berupa kendaraan taktis ringan Neton UTV (Ultrafast Tactical Vehicle) dalam pameran pertahanan FEINDEF di Ifema, Madrid, Spanyol pada 29-31 Mei lalu.

Tergolong sebagai FAV (Fast AttacK Vehicle), Neton dirancang berbobot seringan mungkin agar dapat bergerak cepat dan bernaver lincah dalam operasinya. Kendaraan juga dapat digeser lewat udara, digantung di bawah perut helikopter milik Angkatan Darat Spanyol seperti AS332B1 Super Puma atau masuk ke dalam perut CH-47D Chinook.

Konstruksi fisik Neton dibangun menggunakan pipa rangka tubular yang ringan namun sangat kuat. Bobotnya hanya sekitar 2.000 kg. Kendaraan ini dapat membawa muatan maksimum hingga 1.000 kg.

Sebagai platform, Neton UTV dibangun menggunakan sasis Toyota Hilux Pick-Up dan digerakkan menggunakan mesin diesel berdaya 110 kW. Kecepatan maksimumnya mencapai 160 km/jam dengan jangkauan operasi hingga 1.000 km.

defensa.com

Meskipun terlihat kompak, Neton dapat menampung sembilan prajurit bersenjata. Dengan rincian dua di depan, tiga di bangku tengah, dan empat lainya di belakang.

Dalam misi tempurnya, Neton dibekali sebuah senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm. Kendaraan juga mengusung drone intai kamikaze Hero-30 buatan UVision, Israel. Drone dapat terbang 30 menit mencari mangsa sebelum meluncur menghantam target.

Dilansir dari defensa.com, rantis Neton mulai dikembangkan EINSA pada 2017. Saat ini Neton telah diminati dan diuji langsung oleh Pasukan Penerbangan Angkatan Darat (FAMET) dan Pasukan Khusus Angkatan Laut (FGNE) Spanyol.

Falcata/defensa.com

Selain Neton UTV, EINSA juga menampilkan kendaraan ringan angkut logistik multiguna Falcata (Belalang) yang mulai diperkenalkan tahun 2015. Falcata diawaki dua orang dan dapat dimuati beragam bawaan mencapai 543 kg sementara gandenganya hingga 457 kg.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *