Sun. Jun 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Pasukan Linud Rusia, Belarusia, dan Serbia Bergabung dalam Latihan Slavic Brotherhood 2019

1 min read
Pasukan Linud Rusia dan Belarusia

Mil.ru

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Tiga satuan pasukan lintas udara dari tiga negara yaitu Rusia, Belarusia, dan Serbia akan bergabung dalam latihan bersama bersandi “Slavic Brotherhood 2019” di Pancevo, Serbia pada 14-27 Juni mendatang.

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan, latihan akan melibatkan 600 personel terdiri dari 200 orang dari Pasukan Linud Rusia, 300 orang dari Serbia, dan 60 orang dari Belarusia.

“Dalam latihan ini dilibatkan juga 50 kendaraan tempur dan pesawat angkut militer Il-76MD,” terang Kementerian Pertahanan seperti dikutip TASS (6/6).

Ketiga pasukan linud akan melaksanakan skenario latihan operasi kontra teroris. Pembukaan latihan akan dilaksanakan di Brigade Pasukan Khusus Serbia di Pancevo.

Pasukan Linud dari Rusia yang akan diturunkan dalam latihan kali ini adalah dari Divisi Lintas Udara yang berbasis di Pskov berjarak 20 km sebelah timur dari perbatasan dengan Estonia. Bila ditelusuri lebih lanjut, di Pskov terdapat Divisi Linud ke-76 yang merupakan bagian dari Russian Airborne Troops (VDV).

Mil.ru files

VDV terkenal dengan sebutan pasukan Baret Biru atau Winged Infantry. Satuan ini mengemban tugas sebagai pasukan infanteri ringan (Light Infantry),pasukan lintas udara (Airborne Infantry), pasukan infanteri udara bergerak (Airmobile Infantry), dan pasukan perdamaian (Peacekeeping Force). Dibandingkan dengan pasukan lintas udara negara lain, VDV dilengkapi dengan persenjataan dan kendaraan mekanis yang cukup banyak.

Semasa Perang Dunia II, VDV merupakan pasukan lintas udara terbesar di dunia. Sebagian dari divisi ini berada di Ukraina dan Belarusia pacapecahnya Uni Soviet menjadi negara-negara independen.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *